Toilet di Pesawat, Fungsi Sama Aturan Sedikit Beda

0

Selain aturan keselamatan yang lebih ketat ketimbang moda transpotasi lain, menggunakan jasa pesawat udara juga punya beberapa ciri khas, semisal untuk urusan toilet. Karena ruang kabin yang terbatas dan alasan keselamatan penerbangan, desain dan penggunaan toilet di pesawat dirancang dengan sentuhan yang serba khusus. Atas dasar desain yang serba khusus tadi, menggunakan fasilitas toilet di pesawat terbang pun ada aturan-aturan yang wajib diperhatikan. Apa saja itu?

Menggunakan Toilet pada Waktu yang Tepat
Jangan sekali-sekali menggunakan toilet saat lepas landas ataupun mendarat. Tak hanya itu, jangan gunakan toilet saat cuaca sedang dalam kondisi tidak baik. Biasanya Pilot atau kru akan memberitahukan kepada para penumpang untuk menggunakan sabuk pengaman bila terjadi sesuatu di udara.

Antri Toilet dengan Tertib
Usahakan agar tetap teratur dalam menggunakan toilet. Karena bukan hanya kita yang akan menggunakan toilet tetapi orang lain juga. Yang terpenting jangan menggedor-gedor pintu dari luar karena hal itu sangat tidak menyenangkanuntuk orang lain ataupun terjadi pada kita.

Jaga Kebersihan Toilet
Jangan karena toilet pesawat adalah fasilitas public sehingga kita bisa menggunakan seenaknya. Setelah menggunakan bersihkan seperti saat kita masuk dan menggunakannya, seperti menekan flas setelah kita BAK/BAB. Tak lupa buang tisu yang kita gunakan pada tempat sampah yang ada di dalam toilet.

Duduk Dekat Koridor
Kalau kamu adalah orang yang beser atau sering ke toilet karena suhu udara di pesawat yang dingin, lebih baik pilih tempat di pinggir atau dekat koridor. Ini membantu kamu untuk memudahkan ke toilet dan tidak mengganggu penumpang lainnya.

Gunakan Toilet Seperlunya
Jangan menggunakan toilet untuk hal-hal yang tidak penting, contohnya seperti berdandan atau hanya untuk bolak-balik cuci tangan. Hal ini akan membuat risih penumpang lain dan toilet pesawat bukanlah tempat yang cocok untuk melakukan aktivitas dandan kamu.

Kunci Pintu Toilet
Hal ini paling penting, sebab pintu toilet pesawat berbeda dengan pintu toilet lainnya. Pintu toilet pesawat bila sudah tertutup akan rapat, namun bila kamu lupa mengunci, akibatnya akan fatal yakni malu dengan penumpang lain bila pintu tiba-tiba terbuka dan diluar ada orang. Terpenting adalah lihat lampu yang ada di toilet, bila lampu belum menyala pertanda pintu toilet ada belum terkunci, cepat tarik pengunci toilet dan lampu akan menyala yang menandakan toilet sudah terkunci.

Bagi kamu para pelancong yang gemar naik pesawat, usahakan tips dalam menggunakan toilet pesawat ini dipahami dengan baik. Tips ini juga bisa memudahkan kamu untuk mengerti perbedaan menggunakan toilet di pesawat dengan fasilitas umum lainnya. Untuk para pelancong yang baru pertama kali menggunakan pesawat, bila masih belum paham saat menggunakan toilet, lebih baik bertanya dengan pramugari.

Leave a Reply