TransJakarta Perkenalkan 3 Varian Bus Baru, Lebih Bersahabat Bagi Penyandang Disabilitas dan Lansia

Royaltrans (PT TransJarakta)

Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September kemarin rupanya membawa arti tersendiri bagi penyedia layanan BRT (Bus Rapid Transit) TransJakarta, secara khusus TransJakarta memperkenalkan tiga varian bus baru untuk menyasar segmen penumpang yang berbeda, ketiga variab bus tersebut adalah Metrotrans, Minitrans dan Royaltrans serta masih mengumandangkan #KiniLebihBaik untuk semboyannya.

Baca juga: Italia (1) : Menjajal Transportasi di Venesia, Tak Beda Jauh dengan TransJakarta

Ketiganya memiliki keunikan masing-masing dimana Metrotrans merupakan bus jenis low entry yang menunjukkan ciri khas kota modern. Sedangkan Minitrans memiliki body lebih kecil dan menjadi bagian dari revitaslisasi transportasi umum.

Minitrans (PT TransJarakta)

Untuk Royaltrans sendiri adalah angkutan pemukiman dengan interior lebih eksklusif. Humas PT TransJakarta, Wibowo mengatakan, Metrotrans dan Royaltrans sendiri sangat bersahabat untuk para lansia dan penyandang disabilitas. Hal ini dikarenakan, Metrotrans dan Royaltrans sendiri memiliki tangga yang bisa digunakan para lansia dan penyandang disabel dan letaknya dipintu sebelah kiri bagian tengah.

Metrotrans (PT TransJarakta)

“Kalau Metrotrans itu disable friendly sedangkan Royaltrans memiliki fasilitas untuk naik turun,” ujar Wibowo saat dihubungi KabarPenumpang.com melalu pesan singkat (5/9/2017).

Wibowo menegaskan, bahwa ketiga bus ini nantinnya juga akan berhenti di halte biasa dan di jemput bus stop atau halte TransJakarta sendiri. Uniknya saat menaikkan penumpang dari halte biasa, pembayaran yang dilakukan tetap non tunai alias menggunakan kartu, seperti biasa di halte TransJakarta sendiri. “Tetap non tunai, bisa tap on bus atau dengan menggunakan mesin EDC,” jelas Wibowo.

Baca juga: 10 Halte Bus Ini Jelas Tidak Biasa

Ini menjadi teknologi baru yang diterapkan TransJakarta dan ada pada tiga jenis baru ini. Untuk jadwal pengoperasian sendiri pihak TransJakarta belum bisa memastikan kapan. Sedangkan untuk rute tujuan bus-bus ini, masih menunggu persetujuan dari Dinas Perhubungan.

Bagian dalam bus baru Transjakarta (PT TransJarakta)

“Kita masih tunggu Dishub untuk rute, untuk hal lainnya secepatnya akan dipublikasikan,” tambah Wibowo.