Travel Advice, Jangan Samakan dengan Travel Warning

0

Tentu masih lekat diingatan Anda mengenai aksi teror yang terjadi di Jakarta Timur pada 24 Mei 2017 malam, dimana sebuah bom meledak persis di area Teminal Kampung Melayu. Kejadian yang menewaskan tiga orang polisi tersebut berhasil menyita perhatian dunia, terbukti dengan datangnya berbagai kecaman kepada para pelaku hingga travel advice yang juga turut dikeluarkan oleh beberapa negara, seperti Inggris, Amerika Serikat dan Australia.

Baca juga: Public Figure Ini Pernah Terobos Label Travel Warning di Indonesia

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, apa sih travel advice itu? Sebenarnya, travel advice merupakan himbauan yang dikeluarkan oleh suatu negara, namun levelnya masih dibawah travel warning. Ketika suatu negara sudah menerbitkan travel advice kepada para warganya untuk lebih berhati-hati ketika hendak bertolak menuju suatu destinasi, maka keputusan tetap berada di tangan calon pelancong untuk tetap melakukan perjalanan atau mengurungkan niatnya.

Ada kemiripan dengan travel warning, travel advice pun dirilis suatu negara dengan berbagai alasan tertentu yang bisa saja mengancam keselamatan dari para warganya. Dari mulai ancaman cuaca buruk hingga aksi teror yang berkembang di suatu negara menjadi beberapa aspek pendukung penerbitan status travel advice. Biasanya, kebijakan otoritas setempat untuk menerbitkan travel advice maupun travel warning tergantung dari seberapa bahayanya ancaman yang mungkin terjadi di destinasi tujuan. Semakin besar ancaman yang mengintai, semakin tinggi pula kemungkinan diterbitkannya travel warning, begitu juga sebaliknya.

Sudah barang tentu travel advice tak melulu dikeluarkan oleh negara lain untuk kunjungan ke Indonesia. Seperti pada teror bom di kota Paris pada tahun 2015, Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, Perancis telah mengeluarkan travel advice (peringatan keamanan) kepada Waga Negara Indonesia yang berada di Perancis. Sebagai perwakilan pemerintah di negara tiap negara, peran Kedutaan Besar lumrah untuk memberikan informasi intelijen dan masukkan kepada pemerintah pusat.

 

Leave a Reply