Trem Hybrid Melintas di Jalur Krakow Polandia

0
Trem Stadler Tango (railtech.com)

Teknologi kereta api di Polandia sepertinya mulai berkembang pesat, karena setelah menguji trem otonomnya, di jalur Kraków juga diperkenalkan inovasi baru lainnya di jaringan transportasi publik. Trem Stadler Tango adalah inovasi baru yang dapat dijalankan dengan menyalakan kabel overhead dan baterai onboard.

Baca juga: Unik! Di Polandia Ada Kapal Laut ‘Berjalan’ Di Atas Daratan

Bahkan trem yang disebut trem hybrid ini sudah melayani salah satu rute kota secara teratur. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman railtech.com (19/6/2020), pada kamis (18/6/2020) kemarin, MPK Kraków yang merupakan salah satu operator transportasi di Polandia secara resmi memperkenalkan jenis trem baru di jaringannya.

Dua dari trem baru Tango ini memulai operasionalnya secara reguler di jaringan kota. Sedangkan dua lainnya tengah dipersiapkan untuk masuk ke layanan. Sedangkan kendaraan ketiga akan mulai mengangkut penumpang pada akhir pekan ini sementara yang keempat akan diperkenalkan di rute Kraków dalam beberapa minggu mendatang.

Satu diantara trem Tango dengan nomor seri RY825 dilengkapi dengan baterai sehingga ketika beroperasi bisa melaju tanpa kabel dalam jarak tiga kilometer. Selama peresmian, trem ini melakukan perjalanan bebas catenary di lingkaran Stasiun Czerwone Maki di bagian barat daya kota.

Trem tersebut berjalan di Jalur 52 yang menghubungkan Piastów dengan Stasiun Czerwone Maki. Trem kedua dengan nomor seri RY826 tidak memiliki baterai tetapi memiliki temapt khusus untuk memasangnya di masa depan. Trem ini melayani Jalur 3 antara Nowy Bieżanów dan Krowodrza Górka.

Jenis trem terbaru ini dijuluki Lajkonik yang merupakan simbol tidak resmi dari Kraków. Semua trem ini memiliki panjang 33,4 meter dan lebar 2,4 meter. Setiap trem bisa mengangkut sebanyak 225 penumpang dengan 82 penumpangnya duduk serta sisanya berdiri. Trem ini dilengkapi dengan pendingin udara, kamera video, pencahayaan LED interior dan sistem informasi penumpang modern.

Bahkan trem ini dilengkapi sistem pemulihan untuk menggunakan energi pengereman. Untuk diketahui, perusahaan transportasi kedua terbesar di Polandia ini menyelesaikan dua pesanan dengan Stadler untuk trem Tango dan menurut kesepakatan pertama, 50 kendaraan harus dikirimkan pada akhir tahun. Dua trem dari pesanan pertama akan dilengkapi dengan baterai dan yang lainnya hanya memiliki tempat khusus untuk meletakkan baterai itu.

Baca juga: Perkeretaapian Polandia Gandeng Nokia Dalam Luncurkan Jaringan GSM-R

Kesepakatan kedua termasuk 60 trem di mana dari jumlah tersebut, perusahaan angkutan umum awalnya memesan sepuluh unit. Setelah itu, pesanan perusahaan ditingkatkan hingga 35 unit. Sedangkan 25 kendaraan lainnya masih merupakan opsi yang dapat dilakukan di tahun-tahun mendatang dan 35 trem dari pesanan kedua dijadwalkan untuk pengiriman pada 2022-2023. Semua kendaraan akan diproduksi di fasilitas Stadler di Polandia, di Środa Wielkopolska dan Siedlce.

Leave a Reply