Tunjang Keselamatan Pengemudi, Vietnam Legalkan Pemasangan Sekat Pelindung di Taksi

Foto: Istimewa

Maraknya beragam kasus yang mengancam keselamatan dan keamanan penumpang maupun pengemudi ketika menggunakan layanan ride-hailing, ride-sharing, atau bahkan taksi sekalipun, membuat sejumlah pelaku usaha yang memiliki korelasi dengan bisnis ini memikirkan bagaimana caranya untuk bisa meminimalisir kasus dan semakin menjamin keselamatan para penumpang dan pengemudinya. Berbagai cara coba dilakukan oleh para penyedia jasa, salah satunya di Vietnam dimana mereka menggunakan sekat pelindung berbahan plastik yang memisahkan antara pengemudi dan penumpang.

Baca Juga: DriveHER, Ride Sharing dengan Pengemudi Wanita dan Khusus Bagi Penumpang Wanita

Namun apakah hal tersebut tidak melanggar regulasi yang berlaku? Berdasarkan lansiran KabarPenumpang.com dari laman vietnamnews.vn (20/2/2019), ternyata opsi semacam ini tidaklah ilegal di sana. Namun tidak bisa sembarangan plastik bisa digunakan untuk membatasi penumpang dan pengemudi ini, melainkan haris diperksa terlebih dahulu untuk memastikan kenyamanan baik dari segi penumpang dan pengemudi.

Pernyataan itu dibuat setelah muncul kekhawatiran tentang pemasangan sekat pelindung di kursi pengemudi, yang dapat menyebabkan perubahan struktural pada kabin pengemudi, dan hal ini juga akan memengaruhi pandangan dan kemampuan pengemudi untuk mengendalikan kendaraannya.

Sekat Pelindung. Sumber: istimewa

Mundur ke tanggal 29 Januari kemarin, dimana seorang pengemudi taksi tewas dibunuh oleh penumpang yang duduk di bangku belakang, tidak terlalu jauh dari Mỹ Đình Stadium di Kota Hanoi. Pasca kejadian ini, dilaporkan ada banyak pengemudi taksi di Vietnam yang mulai memasang sekat pelindung guna memastikan keamanan si pengemudi sendiri maupun sebaliknya.

Pernyataan tentang legalnya pemasangan sekat pelindung ini sendiri dilontarkan oleh Vietnam Register, Badan Negara nirlaba yang memiliki fungsi dan yurisdiksi pada organisasi dan kinerja pengawasan teknis. Vietnam Register mengatakan bahwa merujuk pada Pasal 85 Kementerian Transportasi Vietnam yang dirilis pada Oktober 2014, setiap kendaraan yang telah melewati fase modifikasi harus terlebih dahulu duji kelaikannya sebelum bisa beroperasi di jalanan.

Baca Juga: Sering Tertukar, Ini Dia Perbedaan Antara Ride-Sharing dan Ride-Hailing

Vietnam Register juga mengusulkan kepada pihak kementerian terkait untuk menyederhanakan prosedur pengujian sekat pelindung bagi pengemudi yang hendak menggunakannya. Namun jika dilihat dari segi teknis, pemasangan sekat pelindung ini bisa jadi ‘bumerang’ bagi pengemudi dan penumpang di kala keadaan darurat.