Tuntas 2021, Bandara London City Rencanakan Pengembangan Senilai Rp7,1 Triliun

London City Airport (www.airport-technology.com)

Bandara London City atau lebih dikenal sebagai London City Airport (LCY) menjadi salah satu dari enam bandara internasional yang ada di kawasan kota London, dan perlu diketahui status bandara ini bukan yang utama di London, LCY masih jauh peringkatnya di bawah Bandara Heathrow (LHR) dan Bandara Gatwick (LGW).

Dan belum lama berselang, Bandara London City yang lokasinya berjarak 11 km dari jantung pusat kota London, otoritasnya merilis rencana pengembangan bandara dengan nilai fantastis £400 juta (US$526 juta) atau sekitar Rp7,1 triliun. Dalam City Airport Development Programme (CADP) diharapkan akan selesai pada tahun 2021 mendatang.

Baca juga: Dari Italia Sampai Ke Inggris, Berikut 10 Bandara Tersibuk di Benua Biru!

Pengembangan tersebut ditujukkan untuk membangun tujuh tribun pada terminal baru, sebuah taxiway yang memaksimalkan kapasitas landasan pacu atau runway dan perluasan terminal agar mampu memenuhi pertumbuhan jumlah penumpang di masa mendatang. KabarPenumpang.com merangkum dari laman airport-technology.com (30/10/2017), perbaikan bandara ini juga bertujuan agar nantinya bisa menampung dua juta penumpang lebih banyak setiap tahunnya pada 2025 yang akan datang.

Tak hanya itu, investasi pengembangan Bandara London City juga diharapkan akan mengarah pada penambahan 30 ribu lebih penerbangan pertahunnya serta menciptakan lebih dari dua ribu lapangan pekerjaan. Nantinya setelah pengembangan selesai, bandara ini akan mampu memberikan konstribusi £750 juta atau sekitar Rp13,3 triliun per tahun untuk perkembangan ekonomi Inggris.

CEO Bandara London City Declan Collier mengatakan, selama 30 tahun terakhir, Bandara London City telah menjadi bagian intrinsik dari sistem transportasi London yang tumbuh secara bertanggung jawab atas pemecahan rekor 4,6 juta penumpang pada tahun 2016, menciptakan lapangan kerja lokal, dan menghubungkan para pebisnis serta wisatawan dengan Inggris, Eropa dan sekitarnya.

“Program Pengembangan Bandar Udara Kota menyajikan kesempatan untuk menciptakan bandara masa depan, yang akan membantu memenuhi permintaan di pasar London, dan meningkatkan konektivitas,” ujar Collier.

Diketahui, tahun 2017 ini menandai bahwa bandara London City telah beroperasi selama 30 tahun, dimana penerbangan komersial mulai beroperasi pada tahun 1987 disini. Bandara ini juga membangun menara kontrol lalu lintas udara digital yang akan mulai beroperasi pada 2019. Jika memungkinkan, pengerjaan konstruksi akan di mulai awal tahun depan.

Baca juga: Inggris Kembangkan Teknologi ‘Intip’ Isi Tas Calon Penumpang Saat Belanja di Bandara

Desain baru untuk Bandara London City digarap oleh arsitek Pascall dan Watson menyajikan pandangan tentang bagaimana bandara akan terlihat nantinya. Tampilan eksterior bandara, seperti yang bisa dilihat pada gambar ikustrasi, termasuk terminal penumpang yang ukurannya akan meningkat sekitar 40.000 m².