Uber Hancurkan Ribuan Sepeda Listrik Jump dan Skuter

0
Sepeda listrik Jump dari Uber (bbc.com)

Baru-baru ini sebuah video menampilkan di mana pihak Uber menghancurkan ribuan sepeda listrik dan skuter mereka setelah menjual bisnis Jump miliknya ke Lime. Video tersebut memperlihatkan sepeda merah Jump dihancurkan di pusat daur ulang Amerika Serikat dan dibagikan di media sosial.

Baca juga: Hadirkan Layanan Sepeda Listrik di Negeri Paman Sam, Uber Akuisisi JUMP

Awalnya dalam video tersebut, sepeda-sepeda itu tiba di fasilitas daur ulang di North Carolina dan kemudian di hancurkan. Karena hal tersebut, para pembalap dan pengguna sepeda marah.

KabarPenumpang.com melansir dari laman bbc.com (28/5/2020), badan amal dan organisasi yang kecewa menyarankan agar sepeda itu disumbangkan ke kelompok masyarakat atau dijual kepada perorangan untuk meningkatkan penggunaan sepeda listrik.

“Paling tidak melepas decals atau merek dan menjual sepeda kepada individu?” ujar Orcutt dari Bike New York yang merupakan sebuah kelompok nirlaba.

Kemudian pihak Uber mengatakan dalam bahwa mereka memutuskan menghancurkan ribuan sepeda tersebut merupakan model lama dan juga karena masalah perawatan, pertanggung jawaban serta keselamatan.

“Kami mengeksplorasi menyumbang sisa, sepeda model lama. Tetapi mengingat banyak masalah signifikan termasuk pemeliharaan, pertanggungjawaban, masalah keselamatan, dan kurangnya peralatan pengisian daya tingkat konsumen sehingga kami memutuskan pendekatan terbaik adalah mendaur ulang secara bertanggung jawab,” ujar Uber dalam sebuah pernyataan.

Diketahui tahun 2018 lalu, Uber mengatakan akan lebih fokus pada sepeda listrik dan bisnis skuter dibandingkan dengan mobil. Namun pada 7 Mei 2020, Uber mengumumkan kesepakatan yang melihat Lime mengambil alih bisnis Jump bike.

Bahkan sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Uber menginvestasikan $170 juta di Lime. Dalam kesepakatan ini juga, Lime memperoleh puluhan ribu sepeda Jump Uber dan kekayaan intelektual yang terkait.

Baca juga: Masih Belum Berminat? Sepeda Listrik Xiaomi Ini Bisa Dilipat Seukuran Ransel!

Kepala eksekutif Lime Wayne Ting mengatakan dia lebih suka desain sepeda Uber dan akan menyebarkan lebih banyak dari mereka di masa depan. Namun, ada juga “puluhan ribu” sepeda model lama yang tidak diwariskan Lime sebagai bagian dari kesepakatan.

Leave a Reply