Uji Coba 20 Juli 2018, Tarif LRT Palembang Rp5 Ribu-Rp10 Ribu

LRT Palembang (Elshinta)

Light Rapid Transit (LRT) Palembang yang pada 15 Juli 2018 kemarin baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo akan segera diuji coba. Uji coba tersebut akan berlangsung dari 20-30 Juli 2018 mendatang dari Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Stasiun Jakabaring.

Baca juga: Hanya dengan Lima Stasiun Utama, LRT Palembang Siap Beroperasi Saat Asian Games 2018

Tarif LRT Rp10 ribu diberlakukan jika pemberangkatan dari Bandara menuju Jakabaring atau sebaliknya. Sedangkan tarif flat selain dari stasiun bandara akan dikenakan Rp5 ribu, tarif ini akan dikenakan bagi masyarakat umum dan untuk atlet serta awak media akan digratiskan saat Asian Games 2018 berlangsung.

Dengan tarif yang sudah ditentukan tersebut, pembayaran untuk menaiki LRT akan secara non tunai yakni menggunakan kartu yang di tapping di gate. Namun bagi pengguna yang belum memiliki kartu uang elektronik akan ada petugas loket yang menjualnya.

Dalam uji coba LRT Palembang akan ada dua rangkaian kereta atau trainset, sebab pihak Waskita masih melakukan penyelesaian kelengkapan LRT tersebut.

“Jadi operasional kanan kiri, nanti kalau sudah dipastikan sudah clear maka delapan trainset yang disiapkan akan dioperasionalkan semua,” ujar PPK Kemenhub LRT Sumsel Suranto yang dikutip KabarPenumpang.com dari tribunnews.com (18/7/2018).

Saat ini pengerjaan LRT Palembang sendiri sudah mencapai 94,51 persen dan sekarang dalam tahap penyelesaian walk way, tes sarana prasarana dan simulasi evakuasi. “Kami menargetkan semuanya selesai 20 Juli,” ujarnya.

Untuk uji coba yang akan dilakukan 20 Juli 2018 stasiun yang akan mulai dioperasikan yakni DJKA/Opi, Jakabaring, Ampera, Cinde, Bumi Sriwijaya dan Bandara. Suranto mengatakan, stasiun tersebut akan dipersiapkan hingga akhir Juli dan pada Agustus untuk stasiun yang akan dioperasikan di update kembali.

Baca juga: Kebut Persiapan Asian Games 2018, PT INKA Mulai ‘Cicil’ Pengiriman LRT Palembang

Untuk Stasiun Polresta, Dishub, RSUD dan Panti Kayu akan bisa digunakan pada Asian Games setelah selesai dibangun. Sayangnya untuk Stasiun Demang dan Garuda Dempo tidak akan beroperasi pada Asian Games.

Dalam satu rangkaian LRT akan ada tiga gerbong yang mampu mengangkut 536 penumpang dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dan akan berhenti di setiap stasiun selama 30 detik. Fasilitas yang ada dalam trainset LRT sendiri yakni AC, CCTV dan WiFi. Diketahui, saat Asian Games 2018 berlangsung, Jembatan Ampera juga akan ditutup dari kendaraan pribadi dan akan digunakan hanya untuk angkutan umum.