Wednesday, April 17, 2024
HomeDaratUnik, Kereta Shri Ramayana Yatra Punya Sertifikat Vegetarian

Unik, Kereta Shri Ramayana Yatra Punya Sertifikat Vegetarian

Sebagai salah satu negara Hindu terbesar di dunia, banyak masyarakat India yang berstatus vegetarian dan vegan. Bahkan ini juga merambah ke kereta api India yang mana penumpang kini bisa memesan makanan vegetarian. Sebab, Indian Railway Catering and Tourism Corporation (IRCTC) mengatakan, salah satu kereta Indian Railway yakni Shri Ramayana Yatra akan mendapatkan sertifikat vegetarian.

Baca juga: Hebat, Remaja 17 Tahun di India Temukan ‘Bug’ di Situs Pemesanan Tiket Kereta

Di mana sertifikat itu didapat dari Dewan Sattvik India yang adalah sebuah organisasi nirlaba yangtelah didirikan untuk mempromoskan sertifikat makanan vegetarian. Kereta Shri Ramayana Yatra juga patut mendapat sertifikat ini karena melintas dan berhenti di tempat keagamaan di seluruh India.

Dilansir KabarPenumpang.com dari hindustantimes.com (12/12/2021), tur ziarah bertema ‘Shri Ramayana Yatra’ oleh Dekho Apna Desh Deluxe AC Tourist train menjadi kereta ramah vegetarian pertama. Pernyataan itu mengatakan bahwa layanan kereta api ramah vegetarian secara khusus didedikasikan untuk vegetarian dan vegan yang taat bepergian ke tujuan suci dengan Indian Railway.

“Dapur dasar IRCTC, lounge eksekutif, dan platform juga akan disertifikasi vegetarian untuk memastikan perjalanan ramah vegetarian,” tambahnya.

Tur kereta api ‘Shri Ramayana Yatra’ akan mencakup tujuan seperti Ayodhya, Nandigram, Janakpur, Sitamarhi dan Varanasi. Durasi tur ini adalah 16 malam dan 17 hari dan pelancong dapat naik kereta ini di stasiun kereta api Safdarjung Delhi. Perhentian pertama kereta api tersebut adalah Ayodhya dimana pelancong akan mengunjungi kuil Shri Ram Janmbhumi dan kuil Hanuman serta Bharat Mandir di Nandigram.

Destinasi selanjutnya adalah Sitamarhi di Bihar dan mengunjungi tempat kelahiran Sita Ji dan Kuil Ram-Janki di Janakpur, yang tertutup jalan raya. Setelah ini, kereta akan pindah ke Varanasi, dan pelancong akan mengunjungi kuil di Varanasi, Prayag, Shringverpur dan Chitrakoot melalui jalan darat. Menginap semalam akan disediakan di Varanasi, Prayag dan Chitrakoot.

Salah satu pemberhentian kereta adalah Nasik. Di mana kunjungan kuil Trayambakeshwar dan Panchvati akan dibahas. Setelah Nasik, tujuan selanjutnya adalah Hampi yang merupakan kota Krishkindha kuno. Lalu yang akan menjadi tujuan terakhir tur kereta Shri Ramayana Yatra adalah Rameshwaram.

Kemudian nantinya setelah itu kereta akan kembali ke Delhi pada hari ke-17 Perjalanannya. Para tamu akan melakukan perjalanan sekitar 7500 Km di seluruh tur ini. IRCTC akan mempromosikan “perjalanan ramah vegetarian” dengan mendapatkan beberapa kereta “bersertifikat sattvik”, terutama yang berjalan di rute yang menghubungkan situs-situs keagamaan.

Baca juga: Rajdhani Express Kembali Beroperasi, Indian Railways: Tidak Ada Selimut dan Makanan

Dalam rilis tersebut, juga dikatakan IRCTC memiliki “pemahaman” dengannya dan telah memutuskan untuk mencari “sertifikasi” untuk beberapa kereta api yang pergi ke tujuan ziarah seperti Vande Bharat express ke Katra, perhentian akhir untuk kuil Vaishno Devi. Formula ini kemungkinan akan direplikasi di sekitar 18 kereta api, katanya.






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru