Rajdhani Express Kembali Beroperasi, Indian Railways: Tidak Ada Selimut dan Makanan

0
Rajdhani Express sebelum virus corona (financialexpress.com)

Mirip dengan PT KAI yang mengoperasikan Kereta Luar Biasa (KLB), kereta api India yang dioperasikan oleh Indian Railways telah memutuskan untuk menjalanakan kereta layanan penumpang khusus. Kereta ini akan memiliki struktur tarif yang berbeda dari biasanya. Sebab banyak fasilitas yang menghilang dalam layanan kereta khusus ini seperti tidak akan ada selimut atau kain serta layanan makan seperti sebelumnya.

Baca juga: Pertama Kalinya Jaringan Kereta India Berhenti Operasi Dalam 167 Tahun

Struktur tarif atau ongkos yang akan berlaku ditentukan untuk waktu reguler dan diajukan oleh layanan kereta Rajdhani Express atau sesuai dengan kategori kereta waktu reguler yang diberitahukan oleh direktorat pembinaan. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman financialexpress.com (11/5/2020), kereta ini akan mulai beroperasi pada 12 Mei 2020 dari New Delhi Railways Stastion (NDLS) ke berbagai tempat Bilaspur Secunderabad, Madgaon, Ahmedabad, Jammu Tawi, Howrah, Chennai, Patna, Dibrugarh, Pusat Mumbai, Bengaluru, Thiruvananthapuram, Agartala, Ranchi dan Bhubaneswar.

Meski kembali beroperasi dengan layanan khusus, ada berbagai aturan terkait katering, selimut dan fasilitas lainnya yang tercantum dalam aturan yang dibuat dan bisa di akses dari laman website, kata Dewan Kereta Api. Dalam layanan khusus ini, tidak akan ada biaya makanan yang termasuk dalam tarif. Selain itu juga ketentuan untuk pemesanan makanan pra bayar atau makanan secara langsung akan ditiadakan.

Namun, pihak Layanan dan Pariwisata Kereta Api India atau IRCTC bisa membuat ketentuan untuk makanan yang dapat dimakan terbatas serta air minum dalam kemasan berdasarkan pembayaran. Untuk ketentuan ini, penumpang akan diberi semua informasi terkait selama pemesanan tiket.

Menurut surat edaran Dewan Kereta Api, tidak ada selimut atau kain yang disediakan untuk penumpang. Informasi ini akan ada dan didapat penumpang ketka melakukan pemesanan tiket kereta api. Dewan Kereta Api telah menyatakan bahwa tiket untuk layanan kereta khusus ini hanya dapat dipesan secara online melalui situs web resmi IRCTC (irctc.co.in) atau melalui aplikasi seluler IRCTC serta operasi tiket kontra di stasiun kereta api di seluruh negara akan terus ditutup.

Baca juga: Tejas Express, Kereta Api India Pertama yang Akan Dioperasikan Swasta

Selain itu, penumpang sekarang dapat memesan tiket untuk layanan kereta khusus ini melalui agen resmi IRCTC atau Kereta Api India. Sesuai kebijakan pembatalan, pembatalan untuk kereta khusus ini akan diizinkan hingga 24 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Biaya pembatalan akan menjadi 50 persen dari tarif tiket.

Leave a Reply