Tejas Express, Kereta Api India Pertama yang Akan Dioperasikan Swasta

(Energy Infra Post)

Tejas Express merupakan kereta api India pertama yang akan melayani rute Delhi dan Lucknow. Kereta ini juga yang pertama dalam sejarah perkeretaapian India yang dioperasikan oleh pihak swasta dan merupakan inisiatif percobaan oleh Indian Railway.

Baca juga: Kereta “Semi High Speed” Vande Bharat Express Resmi Meluncur

Dilansir KabarPenumpang.com dari livemint.com (13/7/2019), Tejas Express merupakan kereta dengan layanan kursi dan gerbong yang mewah. Kereta tersebut saat ini di parkir di Stasiun Anand Nagar dan akan diserahkan kepada pihak swsta setelah proses penawaran terbuka untuk mengoperasikannya.

(Luxury Train India)

Awalnya pemeliharaan kereta tersebut akan dilakukan oleh Perusahaan Kereta Api India dan Perusahaan Pariwisata (IRCTC) baik itu pembayaran yang terkait biaya sewa atau unit pembiayaan. Seorang pejabat kereta mengatakan, dua kereta Tejas Express ini akan berjalan dalam 100 hari.

“Kami telah berusaha mengidentifikasi rute yang memiliki kemacetan tinggi dan menghubungkan tempat-tempat wisata penting. Rute untuk kereta kedua juga akan segera diidentifikasi,” ujar seorang pejabat kereta.

Kereta yang akan mengular dengan jarak tempuh 500 km tersebut sudah diumumkan sejak tahun 2016 lalu, tetapi baru diperkenalkan pada publik di tabel waktu baru-baru ini. Tejas Express dengan nomor 12585 akan berangkat dari Lucknow Junction pukul 06.50 pagi dan tiba di New Delhi pukul 01.35 pagi, sedangkan kereta nomor 12586 berangkat dari New Delhi pukul 03.35 pagi dan tiba pukul 10.05 malam di Lucknow Juntion.

Tejas Express akan beroperasi setiap hari kecuali Kamis dan Minggu. Sebagai kereta dengan layanan premium, Tejas Express menawarkan layanan layaknya dipesawat terbang kelas satu.

Kereta akan dilengkapi dengan layar LCD seperti yang dipasang dipesawat tepatnya bagian belakang kursi, WiFi on board, tempat duduk yang nyaman dan soket pengisian ponsel. Kursi kereta berwarna jingga dan kuning serasi dengan eksterior kereta mewah ini.

Dilengkapi dengan lampu baca yang dipersonalisasi, bio toilet modular yang dilengkapi dengan keran bersensor. Selain itu juga memiliki pembungkus vinil anti grafiti dan dapur mini yang mewah.

Adapula pintu penghubung otomatis serta pintu masuk dan keluar yang akan menjadi fitur lain dari kereta. Saat ini, rute Lucknow-Delhi dilayani oleh 53 kereta termasuk Swat Shatabdi.

Baca juga: Train 18 Resmi Punya Nama ‘Vande Bharat Express’

Usulan Dewan Kereta Api dalam rencana 100 hari adalah untuk menawarkan dua kereta api kepada operator yang bersedia menjadi bagian dari proses penawaran untuk hak-hak menjalankan paket penumpang harian/kereta semalam yang menghubungkan kota-kota penting. Railways juga mengatakan akan mengajukan Request for Proposal (RFP) dan Request for Quote (RFQ) dalam 100 hari ke depan. Namun, proposal tersebut mendapat kecaman keras dari serikat kereta api, yang telah mengancam protes skala besar atas masalah ini.