Unik, Stasiun Metro di Moskow Terhubung dengan Tujuh Apartemen Peninggalan Uni Soviet

0
Stasiun Metro Krasnye Vorota Square. Foto: rbth.com

Stasiun pada jaringan kereta bawah tanah Metro di Moskow (Moscow Metro) sudah lama terkenal dengan keindahan arsitekturnya. Namun, keindahan bukanlah satu-satunya yang unik dan menarik dari Metro Rusia, melainkan desain penataan kota yang futuristik dan visioner sejak masa Uni Soviet dahulu; khususnya Metro di Kota Moskow.

Dibangun pertama kali dibuka pada 1935 -tak lebih tua dibanding Metro Inggris (1890), Budapest (1896), Paris (1900), Berlin (1902), dan Madrid (1919)- Metro Moskow langsung memikat masyarakat untuk menggunakan sistem transportasi bawah tanah yang hanya memiliki 13 stasiun dan panjang 11 kilometer ini.

Baca juga: ‘Macet’ Jadi Alasan Mengapa Kereta di Rusia Jadi yang Terlamban di Dunia

Bukan karena menjadi salah satu moda transportasi tercanggih di zamannya, Metro Moskow juga diminati masyarakat karena terhubung langsung dengan banyak pusat pemukiman warga (apartemen). Penasaran? Dikutip dari rbth.com, berikut redaksi KabarPenumpang.com rangkum tujuh apartemen di Kota Moskow yang terhubung dengan statsiun kereta bawah tanah.

1. Stasiun Okhotny Ryad

Stasiun Metro Moksow Okhotny Ryad. Foto: rbth.com

Okhotny Ryad merupakan stasiun pertama di Metro Moskow. Tatkala arsitek melihat wilayah sekitar, ide untuk membangun stasiun dengan memanfaatkan lantai dasar salah satu bangunan tua abad ke-19 kemudian tercetus, mengingat, itu adalah pilihan terbaik ketimbang menutup salah satu jalan tersibuk di Kota Moskow ini atau merobohkan bangunan bersejarah.

2. Krasnye Vorota Square

Stasiun Metro Krasnye Vorota Square. Foto: rbth.com

Gedung yang termasuk ke dalam salah satu dari “Seven Sisters” atau bangunan tertinggi di Moskow ini dibangun dari tahun 1947-1957. Gedung bergaya Kerajaan Stalinis di Sadovoye Koltso ini awalnya memang menjadi target pertama sang arsitek, Alexey Dushkin, untuk menjadikan seluruh gedung pencakar langit sebagai stasiun Metro Moskow di bagian lantai dasar.

Namun, pada akhirnya, hanya gedung pencakar langit ini saja yang terwujud. Meski demikian, gedung perkantoran sekaligus apartemen yang dihuni oleh puluhan ribu orang ini terbukti sangat memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan Metro Moskow dalam kehidupan sehari-hari.

3. Apartemen di Prospekt Mira

Stasiun Metro The Prospekt Mira. Foto: rbth.com

Stasiun Prospekt Mira resmi beroperasi pada 1952 dengan menempatkan pintu keluar dan masuk stasiun di salah satu apartemen di sini. Apartemen dengan tiga tower setinggi 13 lantai dan dua lainnya delapan lantai ini awalnya dibangun untuk menjadi tempat peristirahatan sementara para pekerja konstruksi. Namun, kini apartemen tersebut dihuni oleh masyarakat sekaligus pengguna aktif Metro Moskow.

4. Apartemen Avtozavodskaya

Stasiun Metro Avtozavodskaya. Foto: rbth.com

Pintu keluar masuk Stasiun Metro Avtozavodskaya awalnya hendak dibangun di seberang gedung, atau tepat berada di jalur pedesterian pada 1943, seperti di stasiun Metro di dunia. Namun, setelah melalui berbagai pertimbangan, akses keluar masuk stasiun akhirnya ditempatkan di dalam gedung yang menjadi rumah bagi puluhan ribu warga Moskow itu. Meskipun dekat dengan pemukiman, penghuni apartemen tak merasa kebisingan sedikitpun.

5. Apartemen di Arbatsko-Pokrovskaya

Stasiun Metro Kurskaya. Foto: rbth.com

Stasiun Metro Kurskaya di Jalur Arbatsko-Pokrovskaya dibuka pada tahun 1938. Salah satu pintu keluar masuk stasiun ditempatkan di blok pemukiman yang telah didirikan untuk pekerja kereta api pada tahun 1932 tersebut.

Baca juga: Prank Virus Corona di Kereta Bawah Tanah Rusia, Karomatullo Dzhaborov Didakwa 5 Tahun Penjara

6. Apartemen Smolensky Boulevard

Smolensky Boulevard. Foto: rbth.com

Pada tahun 1950-an, Smolensky Boulevard dibangun untuk jadi hunian para elite Uni Soviet. Apartemen karya arsitek Ivan Zholtovsky ini kemudian dilengkapi dengan pintu keluar masuk stasiun Metro Moskow untuk memudahkan mobilitas para elite. Pintu keluar masuk stasiun Metro Moskow sendiri ditandai dengan logo “M” berwarna merah di bagian atas pintu sehingga mudah dikenali.

7. Apartemen di Jalan Novokuznetskaya.

Stasiun Metro Paveletskaya. Foto: rbth.com

Stasiun Metro Paveletskaya pertama kali dibangun pada tahun 1950-an. Sebagaimana stasiun lainnya, pintu keluar masuk kereta bawah tanah Moskow juga ditempatkan di dalam lobby gedung.

Leave a Reply