Unik Tapi Berbahaya, Pemuda Ini Gunakan Rel Aktif Untuk Isi Ulang Baterai Ponsel

Terdengar nyeleneh namun cukup masuk akal, ketika rel kereta api dijadikan sebagai media untuk mengisi ulang daya ponsel Anda. Walaupun terdengar ekstrim, tapi setidaknya ini membuktikan bahwa jalur rel kereta api dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pengoperasian kereta itu sendiri. Lalu, bagaimana caranya untuk mengisi daya ponsel tersebut di rel kereta api yang masih aktif?

Baca Juga: Saatnya Maksimalkan Tenaga Surya untuk Energi Terbarukan di Kereta Api

Sebelum membahasnya lebih jauh, rel kereta aktif memiliki voltase listrik rendah yang dihasilkan oleh gesekan ban kereta dengan rel itu sendiri. Pemikiran sederhana itulah yang akhirnya menjadi dasar terciptanya ide gila pengisian daya listrik di rel kereta aktif. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman popularmechanics.com, sebuah video yang diunggah oleh pengguna akun YouTube bernama Kreosan menunjukkan bahwa benar adanya rel kereta dapat dijadikan media untuk mengisi ulang daya ponsel Anda.

Tegangan yang dihasilkan oleh rel tersebut tidaklah konstan dan sama sekali tidak cocok untuk mengisi ulang daya baterai ponsel Anda. Hal tersebut dibuktikan oleh seorang pemuda pada awal video, dimana ia mengukur arus listrik dengan menggunakan voltmeter. Angka yang ditunjukkan oleh voltmeter tersebut hanya berkisar antara 0 hingga 2,5 volt saja, itu pun tidak stabil. Maka dari itu, diperlukan perangkat tambahan yang dapat menstabilkan aliran listrik sehingga dapat memaksimalkan pasokan daya yang masuk ke ponsel Anda.

Bagian dalam speaker digunakan sebagai penyearah aliran listrik sehingga daya yang dikeluarkan untuk mengisi baterai Anda pun menjadi lebih stabil. Dalam video berdurasi tiga menit tersebut, terlihat getaran speaker yang dihasilkan oleh arus listrik di rel dapat menyalakan bohlam lampu secara berkala dengan tingkat keterangan yang stabil. Tidak hanya speaker, sebuah komponen listrik lainnya juga dipasangkan untuk lebih menstabilkan aliran listrik yang masuk. Dan benar saja, ketika kabel charger dicolokkan, secara otomatis daya di ponsel Anda mulai terisi.

Baca Juga: Duh! Orang-orang ini Tewas Karena Selfie di Rel Kereta

Walaupun Anda punya sejuta alasan untuk tidak mengisi ulang daya ponsel di rel kereta aktif, tapi alasan keselamatan tetaplah berada di garda depan. Lagi pula beragam inovasi sudah dihadirkan untuk memudahkan kehidupan Anda. Tentu saja Anda tidak dianjurkan untuk melakukan hal gila ini karena akan membahayakan nyawa Anda sendiri.

Terlepas dari semua alasan tadi, di Indonesia sendiri sudah ada yang terlebih dahulu memanfaatkan arus listrik di rel kereta sebagai media pengobatan alternatif.