Universitas Indonesia MoU dengan Damri Untuk Kembangkan Bus Listrik

Molina UI-EV (BolaBanget)

Bus listrik di masa ini perlahan-lahan mulai populer dengan teknologinya yang ramah lingkungan dan hemat energi. Terbukti hampir disemua negara di dunia terus mengembangkan teknologi pada bus listrik yang diproduksinya.

Baca juga: Inilah Citaro, Primadona Bus Listrik Besotan Mercedes Benz

Hal ini membuat Indonesia tidak ketinggalan, sebab Universitas Indonesia baru saja menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Perum DAMRI dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia. Dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman ini ketiganya sepakat mengembangkan operasi bus listrik nasional produksi UI serta berkomitmen untuk memesan beberapa unit bus listrik buatan Fakultas Teknik UI.

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan UI memiliki tim riset mobil listrik atau tim Mobil Listrik Nasional yang bernama tim Molina. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, tim Mobil Listrik Nasional UI kini telah meluncurkan Molina UI-EV Bus. Ini adalah bus listrik hasil dari riset yang sudah siap untuk dikomersialkan.

Meski besutan anak negeri, bus tersebut memiliki sifat ramah lingkungan dan hemat energi, selain itu patut dibanggakan dan dipromosikan. Sehingga kedepannya Molina UI-EV akan siap dipasarkan untuk turut meramaikan industri otomotif Indonesia.

“Pengembangan bus listrik ini sejalan dengan tren kendaraan masa depan, yaitu kendaraan dengan konsep hemat energi dan ramah lingkungan,” kata Anis yang dikutip KabarPenumpang.com dari Republika.co.id.

Tak hanya itu, adanya pengembangan bus listrik ini sendiri, UI ikut andil dalam program pemerintah yakni menurunkan emisi sebesar 29 persen pada 2030 mendatang. Sebagai universitas dengan kampus ramah lingkungan, UI diklaim berusaha memanfaatkan 25 persen untuk kegiatan akademis dari luas sekitar 320 hektare.

Baca juga: Berharap Mampu Pasok Kebutuhan Bus di Bandara, Moeldoko Hadirkan Prototipe Bus Listrik Ketiga

Adapun sisanya, kampus juga berkomitmen untuk 75 persen dari lahan tersebut agar tetap hijau dengan fungsi sebagai hutan kita serta melestarikan keberadaan tujuh danau di sekitarnya.

“Sehingga, ekosistem di lingkungan kampus tetap terjaga keseimbangannya, juga mendukung visi UI sebagai green campus,” tambah Anis.

Ke depannya, UI disebut akan terus melakukan inovasi dan pengembangan bus listrik ini, tidak hanya dari segi kendaraan, tetapi juga beberapa hal yang mendukung operasionalisasi bus listrik seperti pabrikasi, charging station dan after sales service.