Untuk Pertama Kalinya Mumbaikars Merasakan Layanan Kereta Ekonomi AC

0
Penampakan dalam kereta lokal AC Mumbai (Free PAs Journal)

Dengan penduduk 18,4 juta jiwa, Mumbai hingga kini didaulat sebagai kota terpadat di India. Dan bersamaan dengan puncak Natal, 25 Desember 2017, kota yang juga kondang sebagai pusat Bollywood ini resmi memiliki kereta ekononi lokal pertama yang dilengkapi dengan AC, fasilitas standar yang sudah lebih dulu ada di kereta ekonomi di Indonesia.

Baca juga: “The Rail Saarthi,” Aplikasi Mirip KAI Accsess Untuk Penumpang Kereta di India

Kereta lokal AC ini berjalan dengan rute dari stasiun Borivali ke Churchgate di Mumbai Selatan di jalur barat. KabarPenumpang.com melansir dari laman livemint.com (25/12/2017), kereta lokal AC ini dioperasikan oleh Western Railway. Keberangkatan kereta mulai pukul 10.32 waktu Mumbai. Dengan adanya kereta lokal AC ini, diketahui, para penumpang menyambut dengan antusias. Mereka berharap dalam kereta tersebut bisa duduk dengan tenang tanpa kepanasan di musim panas yang terik.

Perjalanan dari Borivali ke Churchgate sendiri sebenarnya tak memakan waktu yang lama hanya sekitar 30 menit. Keberangkatan dari Borivali pukul 10.32 dan tiba di Churchgate pukul 11.16 waktu setempat. “Kereta ekonomi AC lokal ini dijalankan melalui pelatihan dengan prototipe dan kami medapatkan respon balik dari penumpang dan memasukkan saran tersebut di armada kami berikutnya,” ujar manager umum WR Anil Kumar Gupta.

(Railway Enthusiast Digest)

Kereta ini sendiri dibuat di Chennai dengan biaya Rs54 crore dengan 12 rangkaian kereta lokal AC ini tiba tanggal 4 April 2016 lalu. Awalnya kereta ini akan berjalan di jalur tengah Mumbai, tetapi akhirnya berjalan di jalur barat.

Sebelum dioperasikan secara massal untuk masyarakat, kereta ini sendiri sudah mengalami uji coba sebanyak 65 kali. Kepala humas WR, Ravinder Bhakar mengatakan, rangkaian teknis terakhir yang berhasil dijalankan kereta api, berjalan di jalur yag panjang pada Minggu, 24 Desember 2017 atau satu hari sebelum beroperasi secara sah.

Kereta lokal AC ini sendiri diketahui akan beroperasi selama 12 kali bolak baliki setiap harinya dari Borivali ke Churchgate. Kemudian pada 1 Januari 2018 mendatang, kereta ini akan berangkat dari Churchgate ke Virar. “Kereta api tidak akan beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu. Dua hari ini untuk perawatan kereta,” kata Bhakar.

Kereta lokal AC ini sendiri sebenarnya menggantikan 12 rangkaian kereta ekonomi non-AC yang sudah ada sebelumnya. Mumbaikars atau sebutan untuk para pengguna kereta di Mumbai yang melakukan perjalanan pertama menungkapkan kegembiraan pada layanan kereta terbaru tersebut.

“Ini sangat luar biasa, saya tidak bisa mengungkapkan perasaan saya. Saya berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar setiap orang bisa merasakan layanan ini,” ujar salah satu penumpang kereta, Sheela Raut.

Baca juga: Antisipasi Gangguan Kabut Saat Musim Dingin, Ini Yang Disiapkan Perkeretaapian India!

Tak hanya itu, aktivis kereta api pun bangga dengan adanya layanan kereta lokal AC ini. Kailash Verma seorang aktivis dari Mumbai Rail Pravasi Sangh mengatakan, peresmian kereta api ini adalah sebuah kesaksian bahwa kereta api India berusaha keras untuk memenuhi permintaan para penumpang. “Saya berharap agar pemeliharaan dan ketepatan waktu kereta api akan dipantau,” ujar Verma.

Leave a Reply