VACA Limousines – Hasil ‘Kawin Silang’ Boeing 727 dengan Bus Mercedes-Benz, Dijual Rp14,7 Miliar!

0
VACA Limousines, perusahaan yang berbasis di Guadalajara, Mexico merombak rongsokan Boeing 727 menjadi sebuah kendaraan mewah hasil perpaduan dengan bus Mercedes-Benz seharga $1 juta atau Rp14,7 miliar (kurs 14, 900). Foto: Car Humor

Boeing 727 pada umumnya dimodifikasi menjadi sebuah huniah mewah dengan harga beragam, mulai dari Rp500 jutaan hingga Rp3,2 miliar. Namun, tidak demikian bagi VACA Limousines. Perusahaan yang berbasis di Guadalajara, Meksiko itu justru merombak rongsokan Boeing 727-24C menjadi sebuah kendaraan mewah hasil perpaduan dengan bus Mercedes-Benz seharga US$1 juta atau Rp14,7 miliar (kurs 1 dollar Rp14,.900).

Baca juga: Nabung Bertahun-tahun, Pria Ini Sulap Boeing 727 Jadi ‘Tesla’ Mewah Seharga Rp3,2 Miliar

Dikutip dari AutoEvolution, harga semahal itu mungkin sangat sebanding dengan proses, fitur, serta nilai investasi gabungan dari pesawat dan bus. Mula-mula Boeing 727 yang sudah purna tugas dipotong bagian sayap dan ekornya, dan menyambungnya ke bus Mercedes-Benz dengan kapasitas tempat duduk hingga 40 orang.

Sebagian besar kokpit dipertahankan, tetapi pastinya bus ini membutuhkan tambahan stir. Jet limo masih mempertahankan mesin diesel turbo asli 10.886 kg ketika bahan bakar penuh, dan panjangnya sekitar 16 meter. Panjang dan besar, Jet limo ini mampu menempuh kecepatan 124 mph (200 Km per jam).

Sebetulnya Limo Bob, pemilik Limo Jet hasil kawin silang Boeing 727 dengan bus Mercedes-Benz sudah membuat modifikasi unik tersebut sejak 2004 lalu. Namun, baru pada 2007, setelah muncul di eBay, Limo Jet karya Limo Bob mulai banyak dibicarakan orang. Kala itu, di eBay, Limo Jet dipamerkan dengan foto-foto interior jazzy disertai dengan deskripsi singkat yang menyoroti ruang tamu cekung dengan lantai dansa, TV layar lebar, perapian, dan bar.

Fitur ekstra, tipe limusin lainnya termasuk lampu strobo, lampu gemerlap dengan cermin lebih banyak, mesin kabut dan kursi aerodinamik, bersama dengan kamar mandi kecil dan tiga unit AC. Tujuan yang jelas dari desain tersebut adalah untuk menyediakan klub yang bisa untuk pesta 40 orang, sesuai dengan kapasitas bus itu sendiri.

Baca juga: Dengan Kocek Kurang dari Rp500 Juta, Nenek 78 Tahun Sulap Boeing 727 Jadi ‘Little Trump’

Saat ini, Limo Jet terdaftar sebagai bagian dari armada salah satu Limo Bob alias “The Legend,” pemilik Star Limo Service. Jika Anda kebetulan berada di atau di sekitar Los Angeles, Anda masih dapat menyewa limusin yang menarik ini seharga US$ 100,000 sebulan atau Anda bahkan bisa membelinya seharga US$ 1 juta atau Rp14,7 miliar, cukup mahal bila dibandingkan bus lainnya, namun, cukup sebanding bila melihat proses, fitur, dan nilai investasi gabungan dari pesawat dan bus; terlebih, dengan status Limo Jet sebagai penyandang the longest 2-piece in the world and the world’s longest one-piece limousine di Guinness Book of Record.

Sebagai gambaran, pada tahun 1999, Bruce Campbell, eks insinyur listrik di AS telah lebih dahulu memodifikasi Boeing 727 menjadi sebuah hunian idaman. Kala itu, nilai investasinya mencapai Rp3,2 miliar, dengan rincian membeli pesawat Boeing 727 seharga 23.000 dolar AS atau sekitar Rp300 juta serta dana tambahan untuk memodifikasi hingga sebesar 220.000 dolar AS atau sekitar Rp2,9 miliar lebih. Bila di tahun itu saja investasi untuk membuat hunian hasil modifikasi Boeing 727 sudah sebesar itu, cukup masuk akal bukan bila hasil modifikasi Boeing 727 dan bus Mercedes-Benz dibaderol seharga Rp14,7 miliar?

Leave a Reply