[Video] Penumpang dan Pengemudi Bertengkar, Bus Terjun Bebas ke Sungai

detik-detik sebelum bus jatuh ke Sungai Yangtze (The Guardian)

Sebuah bus terjun bebas ke sebuah sungai dari jembatan di Cina bagian barat daya dan menyebabkan 13 orang tewas serta dua lainnya belum ditemukan. Kejadian bus ini jatuh ke sungai karena adanya perkelahian antara pengemudi dan seorang penumpang wanita.

Baca jug: Hajar Jembatan, Pengemudi Bus Tingkat Ini Disebut Belum Hafal Medan

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman sumber theguardian.com (2/11/2018), dalam sebuah video berdurasi delapan detik dari sebuah kamera pengawas yang dirilis oleh polisi Kota Chongqing, terlihat pengemudi dan penumpang wanita berdebat. Pada hari Minggu (28/10/2018), sebelum bus jatuh ke sungai, penumpang wanita tersebut awalnya meminta pengemudi untuk berhenti setelah dirinya terlewat perhentiannya.

Tetapi pengemudi tidak melakukannya dan terus berjalan, kemudian penumpang 48 tahun tersebut berjalan ke kursi pengemudi dan memarahinya. Pengemudi menoleh beberapa kali ke belakang melihat wanita itu sambil berdebat.

Setelah perdebatan tersebut makin panas, wanita itu kemudian menghantam kepala pengemudi dengan ponsel miliknya. Pengemudi dalam video terlihat membalas penumpang itu dengan memukulkan lengan kanannya untuk mencoba melawan.

Pengemudi kemudian mengulanginya lagi dan membelokkan kemudinya ke arah kiri sehingga membuat bus yang dikemudikannya lepas kendali. Tak hanya video dari dalam bus, pihak kepolisi Chongqing juga memberitahukan video yang mereka dapakan dari kamera milik salah satu mobil di dekat bus tersebut.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Bus Sekolah, IMMI Kembangkan Fitur SafeGuards FlexPlus

Ternyata diketahui, sebelum bus itu jatuh ke Sungai Yangtze, bus menabrak sebuah mobil yang melintas, baru kemudian menabrak pagar pembatas jembatan hingga akhirnya jatuh ke sungai. Polisi Wanzhou mengatakan, perilaku pengemudi dan penumpang tersebut sangatlah membahayakan penumpang dan pengemudi lainnya di jalanan serta melanggar aturan hukum.

Dari insiden ini, bangkai bus yang tenggelam tersebut diangkat pada Rabu (31/10/2018) dan 13 korban meninggal ditemukan serta dua lainnya masih dalam pencarian. Diketahui, bus-bus yang ada di Cina kini sudah ada yang dilengkapi dengan kamera pengawas untuk melihat kejadian selama perjalanan dalam bus, sehingga mudah untuk mendapatkan keterangan yang lebih jelas bila terjadi sesuatu.