(Video) Pilot Ungkap Ruang Tersembunyi di Bawah Kokpit Airbus A350!

0
Pilot ungkap ruang rahasia atau tersembunyi di bawah kokpit A350. Foto: Tangkapan layar YouTube bjornpilot

Airbus A350 bukan hanya pesawat yang fenomenal dengan sederet teknologi mutakhirnya, tetapi juga penuh teka-teki. Nah, belum lama ini, seorang pilot SAS Airlines coba mengungkap teka-teki tersebut, dalam hal ini berbagai ruangan tersembunyi di kokpit dan di bawah kokpit.

Baca juga: Airbus A350 Cathay Pacific Terbang dengan Satu Pilot Mulai 2025!

Dalam unggahan video di kanal YouTube bjornpilot, pilot mula-mula mengungkap tempat tidur pribadi pilot dan kopilot di bagian belakang kokpit. Ini sebetulnya bukan hal baru karena sudah lama santer terdengar. Layaknya ruang rahasia atau tempat tidur pramugari, tempat tidur pribadi pilot dan kopilot juga dilengkapi dengan kasur, tirai, dan lampu.

Berlanjut ke bagian belakang bawah, sekilas, dalam tayangan video tersebut, terlihat ada akses ke bagian bawah kokpit dan ternyata benar. Pilot pesawat Airbus 330, 340, dan 350 yang juga seorang YouTuber dengan ratusan ribu subscriber tersebut membuka trapdoor berukuran 1×1, turun menggunakan tangga, dan menunjukkan ruang rahasia di bawah kokpit.

Di sana, hampir tak ada ruang untuk bersantai karena dipenuhi dengan server dan peralatan elektronik lainnya. Mula-mula, ia hanya bisa menunduk karena sempitnya ruangan. Setelah sedikit merangkak dan turun, barulah ia bisa berdiri sempurna. Jalan setapak pun juga muat untuk satu orang dan itupun harus memiringkan badan agar tak server tak tersenggol dan berubah posisi.

Menariknya, di ruang server ini juga terhubung dengan kompartemen kargo di bagian lambung pesawat, loh. Melalui pintu kecil berukuran satu meter, pilot tersebut keluar ke area kargo pesawat dan kembali masuk ke ruang server.

Kendati ini dianggap tak penting, tetapi, dalam posisi genting, ini bisa menjadi penting. Dalam kondisi pesawat dibajak, misalnya, sebetulnya pilot mempunyai opsi keluar dari pesawat lewat jendela atau escape emergency sliding window. Bisa juga melewati cockpit emergency hatch di bagian atas pesawat dan meluncur menggunakan tali.

Tetapi, andai semua akses itu sudah diblokade pembajak atau pilot tak berani karena terlalu tinggi atau apapun itu yang membuat pilot tak bisa mengaksesnya, mereka bisa menggunakan akses tersembunyi di bagian bawah pilot ini untuk keluar tanpa melewati kabin penumpang, menuju ruang kargo dan turun dengan aman ke darat.

Pun sebaliknya, andai ini diketahui oleh pembajak, akses ini bisa menjadi riskan. Kita tahu, teknologi pintu kokpit hampir mustahil dibobol oleh pembajak. Entah itu ditembak ataupun didobrak sekalipun, rasanya itu mustahil bisa terbuka dengan paksa.

Baca juga: Spesial Hari Pilot Sedunia, Kepala Pelatihan Airbus A350 Cerita Repotnya Transisi Pilot Boeing ke Airbus

Tetapi lain cerita dengan pintu tersembunyi ini. Dari bentuknya, baik pintu yang menghubungkan kompertemen kargo dengan ruang server maupun trapdoor yang menghubungkan ruang server dengan kokpit, semuanya besar kemungkinan tidak anti peluru dan bisa saja dibuka paksa kendati masing-masing pintu dikunci.

Jika sudah begini, patutkah pilot menunjukkan ruang tersembunyi di bawah kokpit A350 ini ke publik?