Virgin Hyperloop One Coba Jajaki Mumbai dan Pune

Sumber: newatlas.com

Pernah membayangkan bila India akan menggunakan Hyperloop yakni pod yang akan melaju dengan kecepatan tinggi dalam terowongan? Ya, dua kota di India yakni Mumbai dan Pune terpilih menjadi proyek pertama Jay Walder, CEO Virgin Hyperloop One pertama.

Baca juga: Akhirnya, Hyperloop Transportation Technology Luncurkan Pod Penumpang Perdana

Dimana keduanya yakni Mumbai memiliki kepadatan penduduk nomor satu dan Pune nomor sembilan di India. Sebagai dua kota dengan penduduk terpadat, Mumbai dan Pune tenyata memiliki jarak yang cukup jauh yakni 150 km. Biasanya bila masyarakat menggunakan mobil pribadi atau bus, waktu yang ditempuh untuk jarak sejauh ini adalah empat jam.

Namun dengan kehadiran Hyperloop atau pod kecepatan tinggi ini, maka akan mengurangi waktu yang dihabiskan dalam perjalanan dengan transportasi umum biasanya. Hyperloop, mengklaim itu akan bisa memudahkan orang-orang dari A ke B dalam 25 menit.

KabarPenumpang.com merangkum dari laman cnn.com (12/11/2018), Walder mengatakan, Hyperloop ini adalah teknologi transportasi baru pertama dalam 100 tahun. Menurut Walder, daripada berbicara mengenai dampak penggunaan mobil dan kendaraan umum lainnnya seperti bus, baiknya menciptakan moda transportasi yang benar-benar baru.

Meskipun kehadiran Hyperloop sudah sejak 2014, namun produk nyatanya di dunia belum terlihat dan belum beroperasi. Seorang juru bicara Hyperloop mengklaim bahwa orang yang menggunakan kereta mereka bisa mengurangi emisi karbon sebanyak 150 ribu ton dari kendaraan pribadi atau bus yang ditumpangi.

“Kami selalu percaya bahwa India akan menjadi pasar luar biasa untuk hyperloop. Negara Bagian India Maharashtra mengumumkan niat mereka untuk membangun rute hyperloop antara Mumbai dan Pune, dimulai dengan jalur demonstrasi operasional,” Harj Dhaliwal, direktur pelaksana perusahaan.

Perdana Menteri India Narendra Modi telah mendukung proyek dan hadir bersama Branson, ketika kesepakatan itu ditandatangani. Bila kereta Hyperloop hadir di India, ini bisa terjadi jika konsep kereta api baru datang ke India.

Baca juga: Hubungkan Amaravati dan Vijayawada, India Terbawa Eforia Pengadaan Hyperloop?

Tahun 2017 lalu tepatnya pada bulan September, Hyperloop Transportation Technologies (HTT) melakukan penandatanganan nota kesepakatan kerja sama dengan negara bagian Andhara Pradesh untuk menghadirkan moda berkecepatan super tersebut untuk menghubungkan dua kota besarnya, Amaravati dan Vijayawada.

Adapun waktu tempuh antara dua kota tersebut kurang lebih sekitar satu jam menggunakan mobil, dan hanya memakan waktu enam menit saja jika menggunakan Hyperloop. Pihak HTT akan memulai studi kelayakan selama enam bulan terhitung sejak Oktober mendatang. Tidak hanya studi kelayakan, HTT juga sembari menentukan jalur pemasangan tabung yang cocok di antara dua kota tersebut. Jika tidak menemukan hambatan, pihak HTT mengaku siap untuk memulai pembangunan.