Virgin Trains Masih Gunakan Gelas kertas Daur Ulang

www.edinburghnews.scotsman.com

Penggunaan kertas minuman dari bahan daur ulang sering ditemukan baik di coffee shop, kafe hingga kereta api. Salah satunya ditemukan di kereta api Virgin Coast (2/5/2017) oleh seorang penumpang bernama Peter Kohler yang dalam perjalanan dari Edinburgh ke London.

Saat itu, Kohler membeli Americano dengan gelas kertas yang dapat digunakan kembali. Ini karena, pelayan tidak memberikan mug untuk digunakannya. Sebenarnya, gelas kertas yang digunakan harusnya hanya sekali pakai karena memiliki lapisan plastik yang memang tidak dapat di daur ulang.

Baca juga: BEAM – Solusi Penat Saat Perjalanan Kereta Jarak Jauh

Dilansir KabarPenumpang.com dari edinburghnews.scotsman.com, Kohler mengeluh akan penggunaan gelas kertas ini. Dia mengatakan, sudah meminta gelas yang bisa digunakan kembali bukan gelas kertas daur ulang yang resikonya belum jelas.

“Saya biasa berada di stasiun, kafe, pub dan layanan kereta api, gelas atau mug bukan lah masalah, mereka justru senang saya mau menggunakan cangkir sendiri. Ada beberapa tempat seperti Imperial Collage London justru menawarkan diskon bila saya menggunakan cangkir sendiri,” ujar Kohler.

Masalah plastik atau gelas daur ulang ini sangat dekat dengan Kohler, sebab sebagai seorang Co-Director, dirinya membuat peta limbah plastik di tepi pntai dan memantau perubahannya dari waktu ke waktu. Diketahui, dari hasil penelitiannya, Inggris membuang 2,5 miliar gelas kopi setiap tahunnya dan banyak yang ditemukan dilautan serta perlahan-lahan hancur menjadi potongan-potongan kecil. Potongan-potongan ini bisa meracuni ikan-ikan dan mamalia laut.

Salah seorang juru bicara Virgin Trains mengatakan bahwa pelayanan menjual minuman panas menggunakan wadah mereka sendiri untuk keamanan. Namun, pihak Virgin Trains saat ini sedang melakukan pengkajian dan dalam beberapa minggu atau bulan kedepan akan membiarkan penumpang menggunakan mug mereka sendiri.

“Ini sedang mengerjakan paduannya, misalnya setiap cangkir penumpang harus memiliki tutup wadah yang pas. Keselamatan adalah perhatian utama kami dan peraturan yang kami miliki saat ini ada di jalur pantai timur ada untuk menghindari orang dan pelanggan kami dibakar oleh cairan panas. “Kami saat ini meninjau ini untuk memastikan bahwa orang dapat menggunakan cangkir mereka sendiri dengan cara yang aman,” ujar juru bicara tersebut.

Dia menegaskan bahwa cangkir yang disediakan oleh layanan ini tidak dapat didaur ulang karena lapisan plastiknya.