Vistara dan Jet Airways, Maskapai Full Service yang Sajikan Layanan Bergaya LCC

0
Wordpress.com

Dua maskapai India yang menghadirkan layanan penuh (full service) yakni Vistara dan Jet Airways belum lama ini menciptakan sebuah opsi baru. Dimana dengan memberikan tarif baru tanpa makanan onboard saat membeli tiketnya. Sehingga penumpang yang membeli tiket di kedua maskapai ini akan membeli makanan mereka secara terpisah.

Baca juga: Maskapai di India Wajib Hadirkan Tabel Gizi di Baki Makanan

Pejabat dari kedua maskapai layanan penuh tersebut mengatakan, tiket tanpa makanan ini hanya untuk kursi dengan harga berkisar dari Rs3 ribu hingga Rs5 ribu atau setara dengan Rp668 ribu hingga Rp1 juta. Sehingga untuk penumpang dengan tiket harga tersebut bisa membeli makanan mereka dalam penerbangan atau memesannya saat membeli tiket dan membayar lebih.

Dirangkum dari telegraphindia.com (30/11/2018) oleh KabarPenumpang.com, Vistara saat ini sudah meluncurkan Freedom Fares yang memungkinkan penumpang memesan kursi tanpa makanan gratis. Sedangkan Jet membuat pilihan tarif yang lebih rendah dari biasanya tanpa makanan.

Meski menjadi maskapai layanan penuh, keduanya melakukan hal tersebut karena persaingan ketat dengan maskapai berbiaya rendah (Low Cost Carrier/LCC) seperti IndiGo, SpiceJet, GoAir dan AirAsia yang menawarkan makanan dengan biaya tambahan. Selain itu juga untuk mempertahankan para pelanggan mereka.

“Kami telah mengamati bahwa banyak penumpang tidak memesan tempat duduk di penerbangan kami berdasarkan pada anggapan bahwa tarif kami jauh lebih tinggi. Mereka selalu memilih maskapai penerbangan bertarif rendah di atas kita. Kami ingin membiarkan bagian penumpang ini tahu bahwa kursi di penerbangan kami dapat memiliki tarif yang sebanding, meskipun tanpa beberapa embel-embel kami yang biasa,” ujar salah seorang pejabat Vistara.

“Kami memperhatikan bahwa kebutuhan penumpang juga berubah.”

Seperti halnya penerbangan jarak dekat, banyak penumpang yang menggunakan pesawat tanpa harus ada makanan dan biasanya bepergian hanya dengan bagasi kabin. Pejabat Vistara mengatakan, kategori penumpang ini yakni mencari harga yang murah dan tidak keberatan tidak mendapat makanan secara gratis atau akses lounge.

Adapun pilihan yang diberikan Jet Airways dengan perubahan ini adalah lima opsi dalam kelas ekonomi yakni Light, Deal, Saver, Classic dan Flex.

“Jet Airways memiliki tarif tidak terdaftar dalam kategori Light and Deal untuk penerbangan di India karena survei konsumen mengungkapkan bahwa para tamu menginginkan fleksibilitas tarif kompetitif dengan opsi untuk membeli makanan,” ujar juru bicara Jet.

Pejabat lain mengatakan kursi-kursi ini sebagian besar ditujukan untuk para pelancong. Maskapai sebelumnya telah memperkenalkan kategori tarif penumpang tidak memiliki akses ke lounge atau opsi untuk mengupgrade.

Gagasan untuk terbang dengan maskapai penerbangan layanan lengkap tetapi tidak mendapatkan makanan gratis belum tercakup. Seorang penumpang yang melakukan perjalanan dengan Jet Airways dari Calcutta ke Mumbai sekitar seminggu yang lalu bingung ketika melihat rekan-rekan pelancong sedang menyiapkan makanan saat dia tidak mendapatkan apapun.

Baca juga: Pengamat India: Kenapa Kecelakaan Pesawat Marak Terjadi di Indonesia?

“Saya pikir awak kabin telah membuat kesalahan sampai seorang pramugari mengatakan kepada saya tiket saya tidak termasuk makan,” kenangnya. “Agen perjalanan saya tidak memberi tahu saya tentang sistem baru.”

Beberapa operator perjalanan percaya bahwa maskapai penerbangan dengan layanan penuh mengikuti model biaya rendah untuk layanan on board buruk untuk nilai merek.

“Maskapai layanan penuh memiliki segmen penumpang sendiri dan harus terus melayani mereka seperti sebelumnya. Jika tidak, mereka mungkin akan kehilangan penumpang pada titik tertentu,” kata Anil Punjabi, ketua dari Federasi Agen Perjalanan India.

Leave a Reply