Volvo Hadirkan Paket Keselamatan Pengemudi Bus Euro 6

sensor kamera yang ada di depan bus (www.busnews.com.au)

Alat keselamatan sangat penting pada moda transportasi, sebab dengan adanya ini, penumpnag bisa merasakan aman dan nyaman. Baru-baru ini Volvo Euro 6 menghadirkan paket sistem keselamatan untuk pengemudi bus.

Baca juga: Volvo Rilis Dua Model Bus Terbaru Untuk Wisata dan Perjalanan Jarak Jauh

KabarPenumpang.com melansir dari laman busnews.com.au (12/10/2018), Driver Support System (DSS) atau sistem dukungan pengemudi Volvo baru ini memperkuat posisi keselamatan dan memperkenalkan sistem dukungan pengemudi baru yang canggih dan dilengkapi dengan berbagai kemampuan.

Sistem ini mampu untuk memperingati terjadinya benturan ke depan saat pengereman darurat, kontrol kemudi adaptif dan mendukung pengemudi untuk waspada dengan bus Euro 6. Laurens Downs, Manajer umum Bus Volvo Australia mengatakan, sistem dukungan pengemudi Volvo ini menawakan pada para pelanggannya untuk menghadirkan keamanan tertinggi.

“Ini adalah contoh yang sangat baik dari pendekatan proaktif kami yang terus berlanjut terhadap keselamatan di jalan dan dorongan kami untuk mencapai visi keselamatan kami dari kecelakaan nol di Kendaraan Volvo,” ujar Downs.

Teknologi DSS terbaru ini menggunakan radar dan kamera depan untuk mendeteksi kendaraan di depan bus saat mengemudi. Sehingga jika kemungkinan kecelakaan ada, pengemudi akan mendapat peringatan baik secara visual maupun suara.

Jika pengemudi tidak bisa melakukan apapun saat adanya peringatan, maka pra rem akan diaktifkan secara otomatis dan diikuti pengereman penuh. Sistem ini juga menangani pengeraman saat di tikungan untuk kenyamanan dan keamanan pengemudi serta penumpang.

“Tersedia di pelatih Euro 6 Volvo, paket Sistem Dukungan Driver Volvo dirancang untuk membantu pengemudi menghindari situasi kritis dan kecelakaan. Bahkan dalam kasus-kasus ketika teknologi rem otomatis tidak dapat menghindari tabrakan, kecepatan benturan yang diturunkan membantu mengurangi konsekuensi untuk pengemudi dan penumpang yang memungkinkan operator untuk merasa percaya diri dengan Pelatih Volvo dalam armada mereka,” jelas Downs.

Baca juga: Volvo 360c, Moda Otonom Bertenaga Listrik yang Punya Empat Desain Interior

Paket dukungan sistem pengemudi lengkap juga termasuk kontrol pelayaran adaptif, yang secara otomatis menyimpan jarak yang ditetapkan ke kendaraan di depan, dan sistem pendukung pemeliharaan jalur, yang memperingatkan pengemudi jika pelatih akan melintasi jalur yang menandai secara tidak sengaja. Selain itu, fungsionalitas dukungan pengemudi-peringatan sistem lebih mengurangi risiko kecelakaan yang disebabkan oleh driver lelah atau terganggu.

Sistem ini mencatat perilaku pengemudi dan posisi bus di jalur. Jika pengemudi kehilangan konsentrasi, sistem akan menampilkan pesan pop-up dan memancarkan sinyal yang dapat didengar untuk mendorong mereka untuk memperhatikan jalan di depan, atau untuk beristirahat. Sistem Dukungan pengemudi Volvo tersedia untuk memesan sekarang di bus Volvo Euro 6 terbaru.