Volvo Indonesia Segera Hadirkan Bus AKAP

Volvo B8R (Bus-Truck.id)

Berbagai macam bus milik Volvo sudah beredar di ibu kota dan menjadi angkutan massal yang banyak digunakan masyarakat Jakarta salah satunya seperti TransJakarta. Tak hanya menjadi bus kota saja, tetapi Volvo Indonesia juga akan segera merambah ke segmen bus Antar Kota Antar Provinsi atau AKAP.

Baca juga: Volvo Rilis Dua Model Bus Terbaru Untuk Wisata dan Perjalanan Jarak Jauh

“Kita memang mulai untuk bus Transjakarta. Tapi kita akan mau masuk ke segmen bus Antar Kota Antar Provinsi,” ujar CEO PT Wahana Inti Selaras, importir Volvo Truck dan Bus di Indonesia, Bambang Prijono yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman republika.co.id (25/7/2018).

Dia mengatakan saat ini masih berfokus pada penjualan bus TransJakarta setelah kembali merambah pasar bus Indonesia. Bus yang dijual pada TransJakarta ada sebanyak 119 unit dan sudah mulai di operasikan serta tidak ada penambahan lagi dalam waktu dekat ini.

Sayangnya bus Volvo untuk AKAP sendiri belum bisa unjuk gigi pada pmeran Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) di Agustus 2018 mendatang. Hal ini dikarenakan perusahaan, baru akan memulai membangun bodi bus setelah sasis didatangkan pada akhir Agustus 2018 ini.

Nantinya jika selesai, maka Volvo Indonesia akan langsung memperlihatkan prototipe bus AKAP tersebut. Bambang menambahkan, bus yang miliki Volvo termasuk dalam kelas atas karena mempunyai harga yang cukup tinggi. Tak hanya itu, bus ini sendiri akan menghadirkan teknologi yang lebih baik seperti suspensi hingga transmisi yang ditawarkan semuanya matik.

Baca juga: Percayakan Produk Eropa Ketiga Kalinya, TransJakarta Resmi Gunakan Sasis Volvo

“Masuknya di kelas mewah, Transjakarta juga memang kan naik kelas. Itu harganya kurang lebih Rp2,7 miliar, yang membeli operator Transjakarta,” ujar Bambang.

Bahkan tak sekedar menjadi angkutan kota dan nantinya menjadi bus AKAP, bus milik Volvo juga digunakan untuk pariwisata seperti pada bulan Mei 2017 lalu membawa Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dalam kunjungan kerjanya di Indonesia untuk berkeliling. Bus yang digunakan Raja dan Ratu Swedia tersebut bertipe Volvo B7R yang bisa dikatakan bus istimewa dengan beragam fitur keamanan dan keselamatan.