WARR Hyperloop Pertahankan Gelar Juara di Kompetisi Besutan SpaceX Hyperloop

WARR Hyperloop Team. Sumbar: newatlas.com

Persaingan di sektor transportasi futuristik yang mengandalkan daya magnetic levitation (maglev), Hyperloop kini kian memanas. Setelah beberapa waktu yang lalu sejumlah negara seperti Dubai, Korea Selatan, hingga India mulai mempertajam arah perbincangan pengadaan Hyperloop, kini salah satu pionir moda transportasi ini, SpaceX Hyperloop diketahui baru saja mengantongi satu jawara dalam persaingan desain armada berbasis pod ini.

Baca Juga: Kendati Futuristik, Tapi Pandangan Ahli Tentang Hyperloop Ternyata Berbeda!

Dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai sumber, WARR Hyperloop sukses menebar impresi baik kepada perusahaan yang digawangi Elon Musk ini setelah pod uji coba tim yang berasal dari Technical University of Munich ini berhasil menembus angka kecepatan 458 km per jam – masih jauh dari kecepatan yang diproyeksikan untuk armada Hyperloop (1.000 km per jam).

WARR Hyperloop merupakan salah satu dari tiga finalis yang berpartisipasi dalam acara dari SpaceX Hyperloop, dimana mereka ditugaskan untuk mengembangkan pod untuk berjalan dalam sebuah tabung dengan jarak 1,2 km. Selain harus mencatatkan kecepatan tertinggi, salah satu syarat penentu kemenangan lainnya adalah pod harus mampu bergerak sendiri.

Diketahui, ini merupakan kali ketiga SpaceX Hyperloop menggelar perhelatan semacam ini di Hawthrone, California – markas mereka. Dari awal pagelaran ini dimulai (Januari 2017), nama WARR Hyperloop tidak pernah absen untuk menyabet gelar juara. Dengan mengedepankan motor listrik berkekuatan 50kW, WARR berhasil mengakselerasikan pod seberat 70 kg berbahan carbon fiber hingga ke batas kecepatan 458 km per jam.

Baca Juga: HTT Siap Operasikan Hyperloop Pada 2020, Akankah Dubai Operasikan Dua Teknologi Maglev?

“Tidak hanya asal melesat, kami juga menambahkan fitur Pneumatic Friction Brakes yang memungkinkan moda ini (Pod Hyperloop) berhenti dengan sempurna dalam rentang waktu lima detik,” tutur salah satu anggota WARR Hyperloop.

Tidak hanya memboyong satu hadiah, tapi WARR Hyperloop juga sukses menjawab tantangan SpaceX dalam mendemonstrasikan kapabilitas levitasi yang menjadi landasan teknologi Hyperloop. Salah satu anggota dari WARR Hyperloop mengaku, tidak mudah untuk memastikan pod uji coba tersebut berjalan dengan mulus. “Tempatnya sangat gersang, yang mana hal tersebut berdampak pada keringnya lintasan.”