Waspada! Inilah Lokasi Favorit Bakteri di Dalam Kabin Pesawat

Waspada kuman dan bakteri di pesawat (Republika)

Sebagai moda transportasi umum, adalah wajar bila di kabin pesawat terdapat bakteri dan kuman. Kursi, meja lipat dan toilet menjadi area terduga banyaknya bakteri di pesawat. Tak salah memang, karena memang titik-titik tersebut menjadi yang paling banyak dijamah penumpang. Namun seberapa besar level atau kadar kuman di masing-masing titik tersebut? Apakah ada lokasi lain di kabin yang justru lebih banyak terdapat bakteri?

Menjawab pertanyaan diatas sudah pasti akan sangat kasuistis, karena banyak faktor yang mempengaruhi suatu penilaian. Namun KabarPenumpang.com mencoba merangkumnya dari paparan yang diulas oleh express.co.uk (7/8/2017), disebutkan ternyata ada beberapa tempat di dalam kabin pesawat yang banyak sekali terdapat bakteri dan kuman penyakit menempel.

Baca juga: Meski Terlihat Bersih, Kursi dan Meja Lipat di Kabin Pesawat Dipenuhi Bakteri

Mungkin Anda tidak sadar akan hal itu, sebab biasanya bakteri dan kuman penyakit tak bisa dilihat secara kasat mata melainkan dengan alat mikrobiologi. Kebanyakan dari Anda berpikir bahwa bakteri dan kuman penyakit tersebut menempel di tombol dalam toilet dan sabuk pengaman yang digunakan adalah sarang dari kuman dan bakteri. Tapi ternyata ada tempat-tempat lain yang pastinya sering dijamah dan memuat bakteri serta kuman penyakit lebih banyak dari tempat yang Anda pikirkan tadi.

Seorang ahli mikrobiologi mengumpulkan 26 sampel dari empat pesawat berbeda dan menemukan rata-rata 2155 CFU (colony-forming units) per inci persegi suatu tempat di pesawat terbang. Dari hasil yang didapat, pada tombol flush di toilet ada 256 CFU, sabuk pengaman terdapat 230 CFU dan ventilasi udara di atas 285 CFU. CFU ini merupakan unit yang digunakan untuk mengukur jumlah bakteri atau sel jamur dalam sampel. Untungnya dalam tes yang dilakukan tersebut tidak terdeteksi adanya koliform manusia termasuk E coli yang berbahaya.

Bakteri-bakteri tersebut berpotensi mematikan serta menyebabkan infeksi dengan gejala dari diare hingga muntah serta perut kram dan demam. Tetapi, jangan senang dulu, kuman lainnya bisa juga membuat Anda sakit apalagi bila Anda memakan makanan yang sudah jatuh ke meja lipat di depan Anda.

Baca juga: Berakibat Buruk Saat Penerbangan,14 Poin Ini Kerap Dianggap Sepele

Dalam hal menjaga kebersihan, para peneliti bakteri pesawat menyatakan, selalu sediakan sanitiser, tisu basah untuk mengelap meja atau pegangan tangan, selain itu juga untuk melap tangan Anda setelah dari toilet.