Wesel Kereta Bukanlah Wesel Pos untuk Kirim Uang

0
Wesel kereta api

Selama sebelas hari yakni dimulai pada 13 hingga 23 Februari 2020 mendatang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai melakukan pergantian wesel yang ada di Stasiun Kota dan Stasiun Gambir. Penggantian ini untuk mengutamakan keselamatan dan meminimalisir terjadinya gangguan perjalanan kereta api dan juga karena wesel sudah berumur cukup tua yakni 28 dan 50 tahun.

Baca juga: Depo KRL Terbesar di Asia Tenggara, Ternyata Ada di Depok

Nah, sebenarnya wesel itu apa? Mungkin banyak yang berpikir wesel ini adalah wesel pos dimana surat pos untuk mengirimkan uang. Selain itu juga mungkin banyak yang tahu wesel merupakan surat pembayaan yang dapat diuangkan ke bank oleh pemiliknya.

Anak generasi sekarang pun mungkin tak lagi kenal dengan wesel pos. Meski begitu memang bukan wesel pos yang akan dibahas, melainkan wesel yang ada di kereta api.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, wesel sendiri berasal dari bahasa Belanda wissel. Ini adalah konstruksi rel kereta api yang bercabang atau bersimpangan di mana tempat memindahkan jurusan jalan kereta api.

Wesel terdiri atas sepasang rel yang ujungnya diruncingkan sehingga bisa melancarkan perpindahan kereta api dari jalur yang satu ke jalur lain dengan menggeser bagian rel yang runcing itu. Ini nantinya akan membuat kereta api berjalan mengikuti rel sehingga ketika rel digeser kereta juga akan mengikutinya.

Untuk memindahkan rel tersebut akan digunakan wesel yang bisa digerakkan secara manual ataupun dengan motor listrik. Jika kereta kecepatan tinggi akan berada di wesel, maka dibutuhkan transisi yang lebih panjang sehingga membutuhkan rel yang lebih panjang daripada lintasan untuk kereta api kecepatan rendah.

Wesel juga menjadi salah satu tempat rawan pada prasarana kereta api. Ini dikarenakan sering terjadi kecelakaan seperti anjloknya kereta. Biasanya hal tersebut terjadi ketika wesel tidak berfungsi dengan baik karena keausan lidah wesel, motor penggerak wesel tidak bekerja sempurna atupun terganjal benda asing.

Selain itu, biasanya ada batas kecapatan untuk melalui wesel yang seringkali diabaikan oleh para masinis saat melintas. Tak hanya itu, wesel juga menjadi tempat yang paling mudah untuk disabotase karena dengan menempatkan batu atau benda logam tertentu di antara rel yang bergerak dapat mengakibatkan wesel tidak berfungsi sehingga harus diawasi.

Wesel juga berbeda dengan langsiran, sebab langsiran merupakan pergerakan rangkaian kereta, gerbong atau lokomotif untuk berpindah jalur. Biasanya ini dilakukan untuk memisahkan atau merangkaikan gerbong dengan lokomotif.

Baca juga: Ternyata Ada Beragam Jenis Bantalan Rel, Indonesia Pakai Yang Mana?

Selain itu prosesnya pun membutuhkan keahlian khusus agar dapat berlangsung aman, kegiatan langsir biasanya dipandu oleh seorang juru langsir. Juru langsir dapat turun langsung ke halaman langsir atau mengendalikan dari rumah langsir. Kata langsir merupakan serapan dari bahasa Belanda, rangeer(en).

Leave a Reply