Wings Air, Akhirnya Buka Penerbangan ke Karimunjawa dari Semarang

Wings Air (Lion Air Group)

Siapa yang tak kenal dengan Pulau Karimunjawa? Salah satu destinasi incaran pelancong domestik dan mancanegara yang memiliki sejuta pesona keindahan alamnya. Tak hanya laut dengan sebaran biotanya, hutan mangrove, pantai, kesenian, budaya, sejarah, religi dan kulinernya pun menarik untuk dicicipi serta dinikmati sembari menyegarkan kembali pikiran penat.

Baca juga: Tak Hanya Lewat Jalur Laut, Ke Karimunjawa Juga Bisa Naik Pesawat Lho!

Untuk sampai ke Karimunjawa sendiri, pelancong bisa menggunakan berbagai macam moda transportasi baik laut maupun udara. Bila melalui udara, pesawat bisa mendarat di Bandara Dewadaru, satu-satunya bandara di Karimunjawa ini dan tepatnya berada di Pulau Kemujan.

Februari 2018 kemarin, Wings Air, yang merupakan member of Lion Air Group sempat menyatakan untuk membuka penerbangan dari Semarang menuju ke Karimunjawa. Melalui survei yang dilakukan, akhirnya Wings Air akan terbang perdana ke Karimun Jawa 12 Oktober 2018 besok.

Wings Air ini akan berangkat dari Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang pukul 11.20 WIB dengan nomor penerbangan IW-1916 dan tiba di Bandara Dewadaru pukul 11.50 WIB. Sedangkan keberangkatan dari Karimun Jawa pukul 12.10 WIB dengan nomor penerbangan IW-1015 dan tiba di Semarang pukul 12.40 WIB.

Perjalanan udara dari Semarang menuju ke Karimunjawa sendiri hanya memakan waktu sekitar 30-45 menit. Nantinya penerbangan ini akan dilakukan Wings Air dengan frekuensi satu kali setiap hari pulang pergi.

“Momen rute baru merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Wings Air. Kehadiran rute baru intra Jawa Tengah yaitu Semarang – Karimunjawa sebagai bagian dari kesungguhan Wings Air dalam mendekatkan jarak dengan menghubungkan antar pulau tanpa harus transit. Rencana kami akan lebih banyak membawa wisatawan ke Karimunjawa segera terwujud sejalan upaya Wings Air dalam menjawab tingginya permintaan pasar serta mendukung program pemerintah guna pengembangan wisata dalam negeri, sehingga berkontribusi meramaikan kunjungan. Dengan ini Wings Air mengucapkan terima kasih kepada pelanggan dan pihak terkait yang telah membantu kelancaran dalam penerbangan perdana,” ujar Operations Director of Wings Air, Capt. Redi Irawan yang dikutip KabarPenumpang.com dari siaran pers,Selasa (9/10/2018).

Pesawat yang digunakan untuk penerbangan dari Semarang – Karimunjawa PP yakni ATR72-500/600. Wings sendiri optimis dan rute Semarang-Karimun Jawa ini sendiri merupakan kota tujuan ketiga bagi Lion Air Group setelah Semarang dan Solo. Rute terbaru ini akan melengkapi pilihan penerbangan bagi masyarakat Jateng, pebisnis, wisatawan mancanegara (wisman) serta wisatawan nusantara (wisnus) melalui penghubung Semarang.

Baca juga: Bandara Tunggul Wulung, Jadi Basis Sekolah Penerbangan di Selatan Jawa

“Semarang yang berlokasi strategis adalah kota metropolitan berkembang dan berperan besar sebagai salah satu pusat atau poros ekonomi di Indonesia. Pesatnya perkembangan daerah, perdagangan, sosial, industri lokal, pendidikan dan potensi lainnya telah menjadikan Semarang sebagai salah satu destinasi terbaik. Bagi pebisnis dan wisatawan yang sudah berada di Semarang, kini dapat melanjutkan perjalanan menuju Karimunjawa,” ujar

Sebelum Wings Air, penerbangan menuju ke Karimun Jawa dari Semarang sendiri sempat dioperasikan oleh Susi Air dan AirFast Indonesia, namun kini keduanya tak lagi melayani rute tersebut. Tetapi hingga kini Cassa 212 yang disediakan oleh PT Wisata Laut Nusa Permai atau Kura-Kura Resort masih terus beroperasi.