World View Terbangkan Sandwich KFC ke Stratosfer

0
Zinger 1. Sumber: geekwire.com

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada Kamis (29/6/2017) World View meluncurkan sebuah balon dengan ke lapisan stratosfer dalam rangka uji coba terhadap teknologi yang akan berdampak besar pada dunia sains dan bisnis. Namun, dibalik uji coba tersebut terselip hal yang unik, yaitu penggunaan sandwich ayam milik perusahaan waralaba terkemuka, KFC (Kentucky Fried Chicken). Hal inilah yang kemudian menarik perhatian khalayak untuk mencari tahu mengenai uji coba ini.

Baca Juga: Terlihat Cantik, Ternyata Awan-Awan Ini Berbahaya

World View mengembangkan sistem balon “Stratollite” sebagai alternatif satelit untuk pencitraan, pemantauan cuaca, pengawasan dan aplikasi lainnya di aplikasi Earth dengan biaya yang rendah. “Peluncuran hari ini menandai tonggak sejarah yang benar-benar bersejarah dalam usaha kami untuk menggunakan stratosfer sebagai lahan bisnis baru,” ujar pendiri dan CEO World View, Jane Poynter, diliput KabarPenumpang.com dari geekwire.com (29/6/2017).

“Ini sangat menarik untuk dinikmati masyarakat, ditambah lagi dengan kolaborasi yang sangat menyenangkan dan seru dengan KFC. Kami juga sangat bangga dengan kinerja tim yang sudah bersungguh-sungguh mengerjakan proyek ini. Semua yang kami pelajari membuat ruang lebih mudah diakses, ” tambahnya.

Lebih lanjut, ternyata KFC bersedia untuk membiayai penerbangan uji coba tersebut asalkan World View turut membawa salah satunya sandwichnya mengudara. Sebenarnya, World View pernah menerbangkan beberapa misi Stratolite sebelumnya, termasuk misi penerbangan penelitian untuk badan antariksa Amerika, NASA. KFC sendiri memprediksi sandwichnya akan tetap segar di udara selama empat hari terhitung sejak tanggal penerbangan.

Guna menghibur masyarakat yang penasaran dengan peluncuran sandwich tersebut, World View lalu membuat sebuah penayangan langsung secara online selama 30 detik pada pukul 06.11 waktu setempat. Dalam penayangan tersebut, salah satu actor kenamaan, Rob Lowe juga turut ambil andil, yaitu dengan memerankan maskot dari KFC, Kolonel Sanders.

Bentuk dari Zinger 1, nama proyek ini, juga bisa dibilang unik, yaitu menyerupai bucket KFC dengan sebuah sandwich dibagian atasnya. Zinger 1 akan mengudara hingga ketinggian 77.000 kaki dari permukaan tanah (setara 23.460 meter), itu berarti melebihi ketinggian pesawat komersial saat mengudara. Dengan ketinggian tersebut, tentu masih jauh dengan batas luar angkasa yang menurut kesepakatan internasional berada di ketinggian 328.084 kaki atau hampir setara dengan 100 km.

Ketika misi berakhir, balon dan bucket KFC tersebut akan diturunkan ke zona pendaratan yang telah ditentukan. Pada akhirnya, World View juga berencana untuk membangun kapsul bertekanan yang membawa wisatawan menuju stratosfer dengan biaya US$75.000 per tiket. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply