Wow, Ada Kereta Melintas di ‘Dalam’ Pusat Grosir Surabaya!

0
Kereta barang melintas di dalam pusat grosir Surabaya (YouTube)

Ada yang unik di kota Surabaya dan mungkin hal tersebut tidak diketahui oleh banyak orang. Penasaran apa hal uniknya? Ternyata di kota berlambang buaya dan hiu itu memiliki jalur kereta api yang melintas di dalam sebuah mall.

Baca juga: Permudah Transportasi Urban, Tiongkok Bangun Rel Kereta di Apartemen

Ya, mall ini merupakan sebuah pusat grosir terbesar di Surabaya yang bernama Pusat Grosir Surabaya (PGP). Letaknya sendiri dekat dengan Stasiun Pasar Turi Surabaya. Sehingga para pelancong yang berbelanja di pusat grosir ini lebih mudah pergi dan pulang.

Nah, sebenarnya ini jalur kereta untuk penumpang atau barang ya? KabarPenumpang.com melihat dari YouTube, ternyata kereta yang melintas adalah kereta barang. Namun apakah kereta penumpang juga melintas di jalur kereta yang ada di mall tersebut? Seorang warga Surabaya yang ditanya oleh KabarPenumpang.com mengatakan rangkaian kereta yang melintas adalah rangkaian kereta barang.

“Yang lewat ke dalam mall itu rangkaian kereta barang bukan kereta penumpang,” kata Harry, warga kota Surabaya.

Dia mengatakan, jalur ini kereta sama sekali tidak mengangkut penumpang, karena kereta yang melintas berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak dan Depo. Harry mengatakan, meski begitu pusat grosir tersebut dekat dengan Stasiun Pasar Turi tapi jalur keretanya berbeda.

Dari video yang tersebar di Youtube tersebut, terdengar dengan jelas suara pluit dan lokomotif yang akan melintas. Tak lama kemudian sebuah lokomotif yang menarik barang-barang keluar dari bawah mall tersebut.

Melintasnya sebuah kereta di mall mengingatkan pada sebuah kereta di Cina tepatnya di Chongqin yang melintas langsung melalui blok flat apartemen atau rusun. Di apartemen Cina ini, kereta yang melintas adalah kereta ringan yang mengangkut penumpang.

Kereta ringan yang melewati rusun atau apartemen di kota ini adalah Chongqing Rail Transit Line nomor 2. Uniknya lagi, kereta ini melewati rusun atapartemen setiap hari dan ada kemungkinan kereta ringan ini berjenis LRT (Light Rail Transit) Monorel yang mampu mengangkut banyak penumpang dan tidak berisik.

Kereta ringan Chongqing Rail Transit Line nomor 2 ini adalah salah satu sistem transportasi di kota dengan luas 31.000 mil persegi dengan populasi sekitar 49 juta orang. Bisa dikatakan, kota ini bukanlah kota besar, melainkan kota kecil dengan penduduk yang padat dan berdesakan. Hal ini jugalah yang membuat perencanaan kota harus memiliki solusi yang efisien untuk sistem transportasinya.

Baca juga: Mallard, Lokomotif Uap Tercepat di Dunia Berusia 82 Tahun

Kereta ringan ini, memiliki radius kecil dan mampu menampung banyak orang. Tak hanya itu, kereta ringan ini juga dibuat melalui jalan-jalan kecil dan untuk memadukan sistem kereta dengan lingkungan sekitarnya. Sejak proses perencanaanya, LRT ini dibuat melalui rusun atau apartemen, pihak pengembang melakukan koordinassi dengan pejabat tata kota untuk membuat desain yang tepat dan memungkinkan kereta bisa melalui bangunan.

Leave a Reply