Wow! Ada Robot Barista di Bandara Austin Texas

Robot kopi Briggo (Twitter Briggo)

Stempel smart airport sudah barang tentu menjadi predikat yang diidamkan bagi setiap pengelola bandara internasional. Selain menampilkan beragam kemudahan lewat digitalisasi perangkat untuk memanjakan calon penumpang, sisi hiburan sampai dukungan kemudahan check in mulai merambah teknologi penggunaan robot.

Baca juga: Kopi dengan Cita Rasa Tinggi Kini Hadir Dalam Penerbangan

Belum lama ini tepatnya 17 Juli 2018, Bandara Internasional Austin di Texas, Amerika Serikat kehadiran robot kopi dari Briggo. Dimana Briggo mengatakan ini akan menjadi robot pembuat kopi pertama di Bandara AS dan yang terpenting adalah bahwa robot barista sedang dalam persaingan mainstream.

KabarPenumpang.com melansir dari laman thespoon.tech (12/7/2018), bahwa pihak bandara telah bertemu dengan Briggo pada awal tahun 2018 sebelum akhirnya hadir di Bandara Austin. Perusahaan yang berbasis di Austin ini tidak hanya sekedar membangun kios pembuatan kopi seluas 40 kaki persegi atau setara dengan 3,71 meter persegi.

Tetapi, Briggo juga memilih dan memanggang kopi spesialisasinya sendiri pada masing-masing mesin. Rencananya, Briggo juga akan menghadirkan bot barista seperti yang dilakukan Cafe X dengan robot barista dalam box di jalan-jalan San Fransisco.

Pada robot kopi milik Briggo tidak ada campur tangan manusia dalam pembuatan kopi. Tetapi akan membantu dalam me-restock dan perawatan robot kopi ini sendiri. Briggo sendiri nantinya juga akan melebarkan sayapnya ke seluruh dunia walaupun saat ini masih tumbuh di Texas dan Bay Area.

Baca juga: Bantu Penumpang Bawa Barang Hingga ke Gerbang, KLM Hadirkan Robot Care-E

Briggo mengatakan, barista kopi milik mereka bukan seperti mesin penjual kopi yang biasanya. Mereka menghadirkan dengan membuat kopi kelas atas dan melakukannya tanpa istirahat dan bisa menangani banyak konsumen. Co-Founder dan CTO Briggo, Chas Studor bersikeras bahwa mereka tidak akan membunuh kafe atau menggantikan barista.

Studor percaya bahwa penumpang yang terburu-buru untuk mendapatkan kopinya di bandara, robot lebih cocok dalam menjalankan tugas itu. Sedangkan jika ingin merasakan hasil latte atau kopi yang lebih nikmat bisa duduk di kedai kopi atau kafe. Briggo menambahkan, setiap yang membeli kopi melalui robot atau mesin kopi, mereka ingin pembeli menuliskan saran tentang apa yang dipikirkan tentang Briggo robot kopi.