Wujudkan SmartCityBike, Slovakia Hadirkan Sepeda Elektrik di Kereta Bawah Tanah

9spectator.sme.sk)

Sepeda elektrik atau e-bike baru-baru ini dihadirkan pada kereta bawah tanah sebagai proyek percontohan untuk SmartCityBike di Slovakia. Kehadiran sepeda elektrik tersebut pada rute perjalanan dari Bratislava menuju ke Senec.

Baca juga: Hadirkan Layanan Sepeda Listrik di Negeri Paman Sam, Uber Akuisisi JUMP

KabarPenumpang.com melansir dari laman spectator.sme.sk (24/9/2018), SmartCityBike yang ada di Slovakia sendirii merupakan gabungan proyek dari perusahaan kereta penumpang Železničná spoločnosť Slovensko (ZSSK) dan perusahaan ICT Antik Telecom.

“Penting untuk terus-menerus membawa inovasi ke transportasi umum. Proyek berbagi sepeda adalah salah satunya,” ujar pejabat ZSSK Karol Martinček.

Layanan sepeda elektrik ini sudah mulai di uji sejak 24 September hingga 12 Oktober 2018 mendatang atau akan berlangsung selama 19 hari. Dalam satu kereta di jalur tersebut akan menghadirkan enam sepeda elektrik dengan sebenarnya ada sebanyak 12 yang termasuk dalam proyek SmarCityBike.

(The Slovak Spectator – Sme)

Penumpang yang tertarik dengan sepeda elektrik ini bisa menyewanya melalui aplikasi Antik Telecom’s Antik CityBike, tersedia di situs web ZSSK. Sepeda listrik ini bisa disewa selama 24 jam dan tarif yang dikenakan adalah €10 atau setara dengan Rp172 ribu.

Penyewaan sepeda ini memungkinkan penumpang untuk menyewa sepeda di kereta dan bisa menggunakannya untuk pergi bekerja dari stasiun kereta api dan setelah pulang kerja kembali ke stasiun. Kemudian dari stasiun kembali ke rumah serta keesokan harinya pengguna bisa menggunakannya lagi untuk sampai ke stasiun kereta dan mengembalikannya ke kereta. Nantinya setelah selesai uji coba, pihak ZSSK akan melakukan evaluasi.

Baca juga: Jurus Selamat Bersepeda di Kota-Kota Besar, Waspada Walau Tidak Ngebut!

“Kami pasti membutuhkan, bekerja sama dengan mitra kami, untuk mencari semua bug. Kami akan melihat kejutan apa yang tersedia bagi kami, tetapi saya percaya bahwa tidak akan ada banyak masalah dan kami akan dapat menyelesaikannya untuk mendapatkan ini dimulai sesegera mungkin,” ujar bagian departemen komunikasi pemasaran ZSSK Marek Lukotka.

Ini adalah proyek berbagi sepeda kedua yang akan diluncurkan di Bratislava dalam beberapa waktu terakhir. Pada awal September, dewan kota Bratislava meluncurkan sistem berbagi sepeda BAJK Slovnaft, bekerja sama dengan kilang Slovnaft.