Yang Pertama, Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino Raih Peringkat “Bintang Lima Covid-19” dari Skytrax

0
Bandara Rome Fiumicino bandara (skytraxratings.com)

Lembaga pemeringkat transportasi udara internasional Skytrax, menjadikan Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino di Roma sebagai yang pertama di dunia menerima peringkat Bandara Bintang 5 Covid-19. Sebelum mendapatkan peringkat tersebut, Skytrax ternyata melakukan audit selama 3 hari pada bulan September.

Baca juga: Mengenal Bandara Terbesar dan Tersibuk di Italia, Leonardo da Vinci–Fiumicino

Audit ini didasarkan pada kombinasi pemeriksaan efisiensi prosedural, analisis observasi visual dan tes pengambilan sampel ATP. Di mana konsistensi standar menjadi penentu utama dalam peringkat akhir yang diterapkan. KabarPenumpang.com merangkum dari skytraxratings.com, Skytrax memverifikasi keberhasilan garis depan penerapan untuk menjaga keamanan staf bandara dan pelanggan dengan sistem dan prosedur Covid-19 di seluruh Bandara Rome Fuimicino.

Otoritas bandara ini memberikan kejelasan terkait protokol Covid-19 melalui papan pengumuman dan sistem informasi yang efektif dengan kejelasan sangat baik. Di area dengan pergerakan tinggi di terminal, bandara memiliki Tim Bio-Safety internal yang terdiri dari 40 staf yang memfasilitasi jarak sosial dan memastikan kepatuhan terhadap penggunaan masker wajah.

“Bandara Rome Fiumicino telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam memberikan protokol Covid-19 yang memungkinkan lingkungan yang aman bagi pelanggan dan staf. Di area inti kebersihan tangan dan jarak sosial, bandara memiliki prosedur yang kuat, dan yang terpenting, ini diperkuat dengan perhatian tingkat tinggi terhadap sanitasi terminal pada titik-titik kontak tinggi. Konsistensi dari langkah-langkah ini juga penting, dan ini merupakan faktor penting di balik Bandara Fiumicino Roma menjadi bandara pertama di dunia yang menerima Peringkat Bandara Bintang 5 Covid-19,” kata Edward Plaisted dari Skytrax.

Marco Troncone, CEO Bandara Roma Fiumicino mengatakan, mereka sangat puas dengan penghargaan baru ini karena hal tersebut merupakan pengakuan internasional yang signifikan atas upaya perusahaan yang, selama keadaan darurat, selain protokol yang ditentukan oleh Pemerintah. Yang mana Bandara Roma Fuimicino telah mengadopsi langkah-langkah lebih lanjut untuk memastikan cakupan dan kedalaman maksimum intervensi pencegahan yang memungkinkan bandara di ibukota Italia untuk terus beroperasi dalam kondisi keamanan maksimum.

Untuk mengelola penumpang dan langkah-langkah kebersihan secara efektif, Bandara Roma telah mengkonsolidasikan operasi untuk menggunakan Terminal 3 untuk check in dan kedatangan, dan Concourse Gates E untuk penerbangan keberangkatan dan transfer. Jumlah penumpang harian sekitar 30 persen dari level biasanya, tetapi perbatasan Italia yang terbuka dan tingkat Covid-19 yang cukup rendah berarti bandara tetap cukup sibuk dan ramai.

Di area yang berhadapan dengan pelanggan, bandara memiliki staf pembersih yang terlihat, dan sedang menguji beberapa metode sanitasi UV yang selanjutnya meningkatkan kebersihan di titik-titik kontak tinggi seperti elevator dan eskalator. Pengujian ATP pada permukaan yang sering disentuh menunjukkan bahwa di mana staf menerapkan pemeliharaan, ini memenuhi standar yang baik, dan bandara terus menilai bagaimana hal ini dapat meningkat.

Baca juga: Bandara Kopenhagen Tempati Peringkat Teratas Untuk Pemeriksaan Keamanan

Peringkat Bandara Covid-19 didasarkan pada studi ilmiah dan analisis oleh Skytrax dan tidak melibatkan elemen pengujian mandiri atau evaluasi oleh bandara, sebab ini bukan sekadar analisis virtual dari prosedur yang diharapkan dapat diterapkan oleh bandara. Analisis protokol kebersihan mencakup referensi ke pedoman Keselamatan Kesehatan Penerbangan ICAO, EASA dan ECDC Covid-19.

Leave a Reply