YAPE, Robot Pengirim Barang Dengan Teknologi Pemindai Wajah

0
YAPE (newatlas.com)

Tatkala tren drone mengumandang, maka salah satu kegunaan drone di lingkup sipil adalah perannya sebagai wahana pengantar barang (delivery drone). Dalam hal ini yang digadang jelas drone udara dengan basis quadcopter sehingga bisa mendarat presisi ke alamat pemesan. Simple dan efektif jelas terbayang dari penggunaan drone udara, namun faktanya penerapan drone udara untuk delivery barang menghadapi sejumlah tantangan berat di beberapa negara, tak lain soal regulasi dan aturan keselamatan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum drone udara benar-benar bisa dioperasikan. Nah, ketimbang menanti lama regulasi yang rumit, dari Italia meluncur drone alias robot pengantar barang.

Baca juga: Ada Robot Parkir Valet di Bandara Lyon, Begini Cara Kerjanya!

Your Autonomous Pony Express atau YAPE merupakan salah satu teknologi terbaru dari Italia e-novia. KabarPenumpang.com melansir dari laman newatlas.com (28/12/2017), bahwa YAPE adalah sebuah robot yang dibuat untuk membantu pelanggan dalam pelayanan dan mudah digunakan. Bentuk dan fugsinya serupa dengan Piaggio Fast Forward’s Gita, YAPE sendiri dibekali dengan sistem GPS, kamera video dan laser yang bisa menjangkau penemuan untuk melakukan perjalanan dengan menyusuri jalan-jalan kota secara mandiri.

YAPE ini juga di program saat berjalan bisa menghindar dari rintangan seperti lubang atau menghindar dari pejalan kaki. Ini secara teknologi nirkabel YAPE juga mampu mengakses sensor yang berada di sekitar kota untuk memantau status lampu lalu lintas dan arus lalu lintas.

Penggunaan YAPE cukup mudah, dimana pengguna bisa memanggilnya dengan menggunakan aplikasi ke lokasi tempatnya berada. Setelah terpanggil dan sampai pada pemesan, YAPE akan menindikasi dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah pengirim untuk membuka kompartemennya serta memasukkan barang kedalam.

Setelah semua proses dilakukan, YAPE tersebut akan berangkat dengan sendirinya menuju alamat yang diberikan pengguna untuk sampai ke penerima. Penerima juga akan di indikasi dengan teknologi pegenalana wajah oleh YAPE, kemudian kompartemen terbuka dan barang yang dikirim tersebut bisa diambil oleh penerima.

Baca juga: Perkenalkan Flagman, Robot Pengatur Lalu Lintas di India

YAPE dirancang untuk mampu mengangkut barang sampai 70 kg ke dalam kompartemennya. Robot kecil ini memiliki roda untuk berjalan dan menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya serta mampu menempuh perjalanan sejauh 80 km per charge baterai. Kecepatan maksimum masing-masing YAPE antara 6 dan 20 km per jamnya.

Uji coba pertama berjalan dan diselesaikan di kota Cremona di Italia pada awal bulan Desember 2017. YAPE akan dipamerkan di CES di Las Vegas, pada bulan Januari 2018 mendatang.

Leave a Reply