Yuk Intip Aktivitas Awak Kabin Virgin Atlantic

0
(The Sun)

Mengupas kehidupan awak kabin selalu menjadi topik yang menarik, bahasan tentang seputar awak kabin pun terbilang ramai menjadi buah bibir. Dan baru-baru ini awak kabin maskapai Virgin Altlantic merekam aktivitas pekerjaan mereka dari sebelum berangkat, selama perjalanan dalam penerbangan hingga tiba di tujuan.

Baca juga: Bagi Pramugari, Melayani Penumpang di Kelas Ekonomi Adalah Berkah

KabarPenumpang.com yang merangkum dari laman news.com.au (5/12/2107), video tersebut menggambarkan kehidupan kru kabin dimulai dari para staf yang akan melakukan penerbangan dengan Boeing 787 Dreamliner dari London ke Los Angeles di tujuan akhir mereka. Kamera yang akan memvideokan memulainya dengan mengikuti salah seorang kru kabin bernama Emma Ashley dan rekan-rekannya di pukul 08.00 pagi tepatnya di bandara Heathrow, London.

Awal mula video di Terminal 3 bandara Heathrow, dimana seluruh tim diberi pengarahan sebelum naik ke dalam pesawat Boeing 787-9 G-VDIA. Pada pengarahan, para kru kabin diberi update tentang keselamatan dan membantu penumpang khusus (disabilitas) selama penerbangan.

Penerbangan dari London ke Los Angeles diketahui selama 10 jam 28 menit dengan Emma dan empat orang kru lainnya bertugas di kelas ekonomi yang melayani 233 penumpang. Video ini kemudian berlanjut saat roda pesawat sudah terangkat menuju angkasa dan awak kabin memulai siklus pekerjaan mereka dengan memberi camilan, minuman, makanan panas, kopi dan teh serta hal lainnya.

Briefing sebelum memulai penerbangan (Youtube)

Terlihat jelas para awak kabin ini selalu berdiri bahkan saat mengambil makanan atau camilan di dapur kabin yang sangat sepi. Selain berdiri, para awak kabin ini juga tidak memiliki waktu yang banyak dalam perjalanan tersebut, apalagi dengan waktu tukar jaga atau shift yang tidak terlalu lama.

Dengan pergantian ini awak kabin hanya bisa beristirahat dan tidur sebentar sebelum kembali melayani penumpang. Bulan November yang lalu, seorang pramugari dan blogger penerbangan Amanda Pleva mengungkap kehidupan yang dikira penuh glamor dari pekerjaan awak kabin untuk menunjukkan kepada awak wannabe, apa pekerjaan yang dilakukan sebenarnya. Seperti halnya pekerjaan yang menuntut pramugari melakukan keanehan dengan makan berdiri dan mencobanya di rumah.

Awak kabin yang makan di sudut belakang kabin (Youtube)

“Di tempat kita kerja, kita cenderung bersembunyi di sudut dapur hanya untuk menyendok makanan dan jauh dari pandangan penumpang. Ini juga dilakukan di rumah dengan menghadap ke tembok sambil melahap makan malam selama sepuluh detik,” kata Amanda.

Baca juga: Ini Dia! Tips Cantik ala Pramugari

Dia juga menggambarkan kesulitan saat bekerja dalam penerbangan malam dan dalam kondisi harus tetap terjaga. “Anda akan mematikan lampu dan melihat penumpang tidur dan membaca majalah yang sama berulang-ulang sampai Anda mengantuk. Ini akan membuat Anda merindukan tempat tidur nyaman,” jelas Amanda.

Leave a Reply