Zonal Employee Discount, Inilah Rahasia Terbang Murah Untuk Para Pekerja Maskapai

Sumber: tallinn-airport.ee

Bekerja di maskapai penerbangan internasional serasa jadi impian bagi banyak orang, selain gaji memikat, menjadi pekerja di dunia airlines juga padat dengan beragam fasilitas, sebut saja seperti terbang gratis di maskapai sendiri, dan ada program diskon khusus untuk menikmati jasa penerbangan dari maskapai lain di seluruh dunia. Ini tentu menjadi daya pikat tersediri, mengingat kocek untuk travelling ke luar negeri bisa menjadi jauh lebih murah.

Baca juga: Nah Ini! Trik Unik Buat Cari Tiket Pesawat Murah

KabarPenumpang.com merangkum dari laman tripsavvy.com, program ini masuk dalam Zonal Employee Discount (ZED), dimana lebih dari 175 operator global menawarkan tarif diskon untuk karyawannya berdasarkan kesepakatan multilateral dan berada di bawah ZED Multilateral Interline Business Agreement (MIBA). Maskapai-maskapai yang tergabung dalam forum ini biasanya berpartisipasi dengan menawarkan tarif rendah, menegah atau tinggi berdasarkan kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Selain itu, mereka juga menawarkan perjalaanan ZED pada kelas ekonomi atau premium. Berikut ini ada sembilan maskapai yang masuk dalam situs FLYZED dengan peraturannya.

Air France, maskapai ini menyarakan bagi para karyawan yang melancong untuk memeriksa situs website mereka untuk memahami kondisi peraturan saat memesan penerbangan. Selain itu juga untuk memeriksa apakah penerbangan yang akan Anda gunakan beroperasi. Hal ini juga merekomendasi dalam mengecek imigrasi dan penumpang harus mencantumkan serta memesan penerbangan tidak lebih dari 30 hari sebelum tanggal penerbangan, ini harus dilakukan melalui situs khusus tersebut.

Garuda Indonesia
Karyawan Garuda Indonesia sudah barang tentu mendapat fasilitas seperti halnya karyawan di maskapai internasional lainnya. Garuda Indonesia diketehaui ikut tergabung dalam ZED. Selain itu, Garuda Indonesia juga mempuyai Interline Staff Travel untuk pemberian fasilitas diskon bekerjasa dengan maskapai-maskapai yang tergabung dalam aliansi Skyteam, terdiri dari 15 maskapai. Mau tahu berapa diskon penerbangan yang dapat dinikmati? Sebagai bagian dari benefit level diskon yang disediakan antara 25 sampai 90 persen. Memang menggiurkan bisa bekerja di maskapai penerbangan.

Alaska Airlines, daftar untuk penerbangan maskapai ini berdasarkan situsnya. Para penumpang yang mendaftar secara online dapat check in melalu situs penerbangan maupun konter di bandara. Nantinya setelah melakukan check in, para pelancong akan masuk dalam daftar tunggu dan mereka harus siap untuk naik pesawat setidaknya 40 menit sebelum keberangkatan.

American Airlines, Anda sebagai penumpang maskapai ini memerlukan tiket elektronik untuk perjalanan biasa dan ZED yang tersedia. Semua pelancong yang sudah memenuhi syarat juga harus menampilkan nomor tiket elektronik ZED (eZED) dan daftar penerbangan yang valid untuk perjalanan. Operator penerbangan ini memerlukan pendaftaran penerbangan dilakukan setidaknya 48 jam untuk penerbangan internasional dan 12 jam untuk penerbangan lainnya seperti domestik.

British Airways, maskapai milik Inggris ini mengharuskan semua penumpang untuk mencantumkan nomor penerbangan mereka melalui situs khususnya. Pencantuman ini harus dilakukan 48 jam sebelum penerbangan. Pelancong juga harus membuat daftar baru jika ada perubahan pada penerbangan mereka dan harus check in di konter 60 menit sebelum keberangkatan.

Delta Airlines, berbasis di Atlanta, maskapai yang satu ini mewajibkan semua karyawan dan pelacong yang memenuhi syarat dengan membuat daftar dan membeli tiket melalui myIDTravel. Tak lupa, mereka juga harus check in melalui agen Delta atau di konternya.

Baca juga: Mau Berburu Tiket Penerbangan Murah, Simak Tips Disini

JetBlue, maskapai ini mengharuskan semua wisatawan untuk mencantumkan penerbangannya di website milik mereka. Dari website ini, penumpang dapat memeriksa secara online atau melalui aplikasi di smartphone baik iOS maupun Android antara 24 jam dan 90 menit sebelum keberangkatan. Sedangkan konter check in akan menerima penumpang hingga 30 menit sebelum pesawat berangkat.

KLM, maskapai milik negara kincir angin ini hanya menerima tiket elektronik ZED pada penerbangannya. Pelancong dapat melakukan check in di situs maskapai penerbangan atau melalui konter di bandara. Para penumpang di harapkan sampai ke gerbang keberangkatan tepat waktu.

Lufthansa, bagi karyawan dan pelancong yang memenuhi syarat untuk penerbangan, biasanya maskapai ini mengeluarkan daftarnya melalui situs mereka sebelum terbang. Para pelancong dan karyawan diharapkan melakukan check in 60 menit sebelum keberangkatan. Tetapi untuk para pelancong baiknya memeriksa situs milik Lufthansa pada waktu-waktu tertentu.

United Airlines, pelancong yang memenuhi syarat diminta untuk mendaftarkan dirinya pada 48 jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan internasional dan 12 jam untuk penerbangan lainnya. Listing harus dibuat di UA Web Flight Listing Tool di situs ID90T.