10 Kecelakaan di Bandara Sultan Hasanuddin, Lion Air Penyumbang Terbanyak

0
Airbus A330-300 Garuda Indonesia dengan livery klasik (strip merah-oranye di pinggang pesawat) bernomer GA 613 rute Makassar - Jakarta terperosok keluar landasan di Bandara Sultan Hasanudin, Makassar, Rabu (1/7) pukul 18.55 WITA. Beruntung, kejadian itu tak sampai menimbulkan korban jiwa. Foto: Istimewa

Airbus A330-300 Garuda Indonesia dengan livery klasik (strip merah-oranye di pinggang pesawat) bernomer GA 613 rute Makassar – Jakarta terperosok keluar landasan di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (1/7) pukul 18.55 WITA. Beruntung, kejadian itu tak sampai menimbulkan korban jiwa.

Baca juga: Boeing 737-800 dan Bombardier CRJ-1000 Garuda Indonesia Nyaris Tabrakan di Bandara Soekarno-Hatta

Akan tetapi, dari penelusuran redaksi KabarPenumpang.com, kecelakaan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Sultan Hasanuddin rupanya menjadi yang pertama sepanjang sejarah perusahaan. Flag carrier Indonesia itu bahkan masih jauh tertinggal dibanding pemilik market share industri penerbangan terbesar di Indonesia, Lion Air.

Selain Garuda Indonesia dan Lion Air, bandara yang digunakan bersama oleh TNI AU dan sudah berganti berganti nama sebanyak empat kali sejak 1935 silam ini juga pernah terlibat kecelakaan dengan tiga maskapai lainnya. Tak heran bila bandara yang mempunyai dua runway masing-masing sepanjang 3100 × 45 meter dan 3500 × 45 meter ini sering mengadakan kegiatan latihan Partial Exercise atau simulasi kecelakaan. Agar lebih jelas, berikut 10 daftar kecelakaan pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

1. 31 Oktober 2003, Lion Air Penerbangan 787, MD-82 rute Ambon-Makassar-Denpasar, keluar jalur saat mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar.

2. 3 Februari 2005, Lion Air dengan penerbangan 791, MD-82 rute Ambon-Makassar tergelincir saat mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar.

3. 6 Mei 2005, Lion Air Penerbangan 778, MD-82 rute Jakarta-Makassar pecah ban saat mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar. Tidak ada korrban jiwa dalam kasus kecelakaan itu.

4. Lion Air dengan penerbangan 792, MD-82 rute Jakarta-Makassar-Gorontalo pada 24 Desember 2005, roda pesawat tergelincir keluar landasan saat melakukan pendaratan di Bandara Hasanuddin, Makassar.

5. Pada 24 Desember 2006, pesawat boeing 737-400 dengan nomor penerbangan 792, PK-LIJ rute Jakarta-Makassar-Gorontalo tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Hasanuddin, Makassar.

6. 18 Januari, pesawat MD-82 milik Lion Air rute rute Ambon-Makassar-Surabaya tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Hasanuddin, Makassar.

7. Pesawat Garuda Indonesia berjenis Airbus A330 dengan nomor penerbangan GA613 dikabarkan tergelincir saat hendak meinggalkan bandara. Pesawat Garuda Indonesia tersebut diketahui melayani rute penerbangan Makassar-Jakarta. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

8. Sejumlah penumpang pesawat Batimurung Air Manado-Makassar kocar-kacir menyelamatkan diri saat pesawat yang ditumpanginya terbakar dalam simulasi penanganan bencana di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (27/11/2013).

Namun, berbeda dengan tujuh insiden sebelumnya, insiden di atas merupakan simulasi belaka. Simulasi tersebut dilakukan Angkasapura (AP) I untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan tim dalam menangani kecelakaan pesawat termasuk ancaman teroris pada transportasi udara.

9. Mei, 2018, pesawat Celebes Airlines dengan nomor Penerbangan CA 116 rute SUB-UPG dilaporkan mengalami kecelakaan. Insiden pesawat yang mengangkut penumpang sebanyak 120 orang itu terjadi pada pukul 09.33 di area runway 31-13 Bandara Sultan Hasanuddin. Hanya saja, insiden kecelakaan maskapai milik Bosowa Grup rupanya hanya simulasi semata.

Baca juga: Mengenal ELT, Komponen Penting Pesawat yang Selalu Dicari Saat Kecelakaan

10. Maret 2019, kecelakaan pesawat terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin, pada Rabu (13/3) malam. Pesawat mengalami pecah main wheel kiri sebelum lepas landas, dan akhirnya pilot memutuskan untuk membatalkan lepas landas (abort take off).

Sebelumnya saat akan lepas landas pesawat mengalami swing ke kiri hingga menabrak pagar perimeter bandara dan kemudian terbakar. Sama seperti Celebes Airlines dan Batimurung Air, insiden tersebut sejatinya hanya simulai belaka yang dijalankan Angkasapura I di runway 21 Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Leave a Reply