(2) 15 Inovasi Interior Cegah Penyebaran Covid-19 di Pesawat, Nomor 12 Dinilai Paling Aman

0
Inovasi interior untuk menekan transmisi penyebaran corona di pesawat. Foto: aircraftinteriorsinternational.com

Di artikel sebelumnya, redaksi KabarPenumpang.com telah tuntas mengungkap delapan inovasi interior untuk mencegah transmisi paparan corona di pesawat. Namun, tak berhenti sampai di situ, masih ada tujuh inovasi lainnya yang juga akan kami bahas.

Baca juga: (1) 15 Inovasi Interior Cegah Penyebaran Covid-19 di Pesawat, Nomor 8 Paling Canggih

9. A Headrest with Adjustable Benefits

Foto: aircraftinteriorsinternational.com

Reinhold Industries, perusahaan asal AS yang telah berpengalaman memproduksi headrest kursi pesawat selama 20 tahun, juga ikut mengeluarkan inovasi guna mencegah transmisi virus corona di kabin. Cara kerjanya mirip dengan produk lain, menyekat antar penumpang dengan swing headrest yang membatasi samping kanan dan kiri sejajar dengan kepala. Namun, karena tidak transparan, headrest ini berpotensi membuat pengidap claustrophobia atau fobia ruang sempit merasa tak nyaman.

10. PlanBay Panels

Foto: aircraftinteriorsinternational.com

Produk besutan desainer interior pesawat asal Perancis, Florian Barjot, ini bisa dibilang serupa tapi tak sama dengan Isolate Screen, berupa sekat partisi yang memanfaatkan kursi kosong (konfigurasi tiga seat). Bedanya, mungkin terletak pada increased height between rows atau kaca partisi tambahan tepat di belakang kepala penumpang.

11. Glassafe

Screen pelindung bisa dipasang di kursi yang sudah ada. Foto: Aviointeriors via thesun.co.uk

Sebuah perusahaan yang fokus memproduksi produk-produk interior pesawat dan kursi penumpang, Aviointeriors, meluncurkan desain sebuah kursi penumpang ‘anti’ corona. Cara kerjanya (dalam menghindari penumpang dari risiko terpapar corona) yakni dengan menambahkan semacam akrilik ke setiap kursi yang mengapit penumpang.

Desain yang disebut Glassafe tersebut diklaim mampu membatasi kontak langsung dengan penumpang yang disebelahnya (kiri dan kanan untuk kursi di bagian tengah). Selain itu, Aviointeriors juga meluncurkan inovasi kursi berbentuk ‘S’. Kursi tersebut mengubah posisi duduk kursi tengah dari semula menghadap ke depan menjadi menghadap ke belakang. Sejalan dengan Glassafe, poinnya, desain kursi berbentuk ‘S’ juga untuk menekan kemungkinan penumpang terpapar virus Cina dari penumpang di sebelahnya.

Baca juga: Kabar Baik! Inilah Invisibel AirShield, Inovasi Terbaru Cegah Corona di Kabin Pesawat

12. Cocoon Concept

Inovasi interior untuk menekan transmisi penyebaran corona di pesawat. Foto: aircraftinteriorsinternational.com

Seorang siswa di Florida Institute of Technology, Golnoosh Torkashvand, berhasil mengembangkan konsep desain interior Priva. Priva dinilai ampun untuk membatasi transmisi penyebaran virus corona agar tak meluas antar penumpang yang duduk berdampingan. Bentuknya nyaris menyerupai tabung yang menutupi sebagian tubuh bagian atas penumpang.

Menariknya, sekat partisi Priva dapat berubah warna sesuai permintaan. Begitupun juga dengan tingkat pencahayaannya. Tak lupa, inovator juga menyisipkan fitur yang dapat membuat sistem messenger antara pengguna di setiap kursi dengan pramugari.

13. A Barrier Solution

Foto: aircraftinteriorsinternational.com

Vision Systems, sebuah perusahaan spesialis sistem naungan kokpit, telah mengadaptasi desainnya untuk menciptakan sekat penghalang yang ringan, kuat, dan transparan sebagai tameng mencegah transmisi virus corona antar penumpang. Produk dari perusahaan asal Amerika Serikat itu juga efektif memisahkan penumpang tanpa perlu mengosongkan kursi di pesawat.

14. The Travel Safe

Foto: aircraftinteriorsinternational.com

Safran Seats telah mengembangkan serangkaian produk yang dinamai Travel Safe. Produk ini setidaknya memiliki tiga tujuan,mulai dari memaksimalkan physical distancing tanpa mengosongkan kursi tengah, interaksi tanpa sentuhan, dan permukaan sekat partisi bebas virus. Selain itu, Safran Seats juga meluncurkan layanan Create with Safran Seats, sebuah terobosan layanan kreasi bersama. Layanan ini dirancang penumpang untuk merangsan, membayangkan, membuat, menilai, dan mencari solusi baru bersama untuk maskapai dalam waktu singkat.

Baca juga: 1001 Inovasi di Ajang Crystal Cabin Award Berikan Kenyaman dan Keamanan Penumpang

15. The Interspace Seat Design

Foto: aircraftinteriorsinternational.com

Selain mengembangkan secara mandiri, Safran Seats bermitra dengan Interspace Lite untuk mengadaptasi teknologi kursi Interspace dalam mencegah transmisi virus corona antar penumpang pesawat. Cara kerjanya, sandaran kursi tengah pesawat dapat dengan mudah dikonfigurasi ulang dan menjadikannya sebagai sekat antar penumpang. Jadi, tak perlu memasang interior tambahan atau pun mencopotnya saat tak ingin digunakan, seperti produk dari perusahaan lain

Selain tersedia untuk kelas ekonomi, sebagaimana produk-produk sejenis yang telah disebutkan sebelumnya, Interspace Seat Design juga tersedia untuk kelas kursi ekonomi premium. Tentu saja dengan sedikit pengembangan agar membedakan dengan kelas ekonomi.

Leave a Reply