25 Maret, Kereta Cepat Pertama Yunani Siap Mengular dari Athena ke Thessaloniki

0
Kereta berkecepatan tinggi pertama di Yunani (gtp.gr)

Meski bermata uang Euro, namun level kemajuan dunia perkeretaapian di Yunani masih tertinggal dibandingkan rata-rata negara di Eropa Barat. Persisnya Yunani yang berada di kawasan Meditarania atau masuk dalam Eropa Selatan, justru baru akan menikmati keberadaan wahana kereta cepat.

Baca juga: Tahun 2022, Walt Disney World Akan Punya Stasiun Kereta Berkecepatan Tinggi

KabarPenumpang.com melansir dari laman gtp.gr (18/1/2021), operator kereta api Yunani, Trainose baru-baru ini menyambut kereta listrik penumpang berkecepatan tinggi mereka. Kereta ini diperkirakan akan melaju untuk perjalanan dari Athena menuju ke Thessaloniki yang akan menempuh waktu kurang dari empat jam.

Kereta berkecepatan tinggi ini disebut sebagai Silver Arrow atau Whiter Arrow. Di mana kereta tersebut akan melakukan tes pertamanya selama minggu terakhir bulan Januari untuk siap melakukan perjalanan perdananya pada 25 Maret 2021 mendatang.

Pada saat itu juga Yunani merayakan peringatan 200 tahun sejak Revolusi Yunani pada 1821. Kereta ini merupakan kereta baru ETR470 Pendolino yang memulai perjalanannya dari pabrik Alstom di Savigliano, Italia utara minggu lalu. Perjalanan kereta ini melintasi empat negara yakni Slovenia, Kroasia, Serbia dan Makedonia Utara.

Kereta ini ditarik dengan kereta listrik, dan mencapai Thessaloniki pada hari Sabtu atau dua hari lebih cepat dari jadwal. Untuk pemeliharaannya, Trainose sedang meningkatkan fasilitasnya di Thessaloniki, yang akan menjadi salah satu yang paling modern di Eropa.

ETR 470 diharapkan segera menjalani tes kinerja pertamanya dan menerima sertifikasi akhir. Selanjutnya, masinis kereta api Trainose akan menyelesaikan pelatihan mereka dengan kontribusi dari eksekutif FS (Trenitalia) hingga Maret. Ini adalah yang pertama dari lima kereta penumpang listrik berkecepatan tinggi yang diakuisisi oleh Trainose.

Baca juga: Tahan Gempa, Ini Kereta Berkecepatan Tinggi yang Baru di Jepang

Diharapkan untuk menempuh rute Athena ke Thessaloniki dalam tiga jam seperempat, membuat perjalanan menjadi lebih pendek sekitar 45 menit. Didirikan pada tahun 2005, operator kereta penumpang dan barang negara, Trainose, dimiliki oleh grup kereta api negara Italia Ferrovie dello Stato (FS) Italiane.

Leave a Reply