Thursday, June 30, 2022
HomeAnalisa Angkutan25 Mei 1910: Wright Bersaudara Terbang Bersama untuk Pertama dan Terakhir

25 Mei 1910: Wright Bersaudara Terbang Bersama untuk Pertama dan Terakhir

Pada hari ini, 112 tahun yang lalu, bertepatan dengan 25 Mei 1910, Orville Wright dan Wilbur Wright atau Wright bersaudara, untuk pertama dan terakhir terbang bersama. Penerbangan bersejarah tersebut dilakukan selama enam menit lebih di Simms Station, Dayton, Ohio, Amerika Serikat (AS) setelah mendapat restu dari ayahnya.

Baca juga: 11 Oktober 1910: Theodore Roosevelt Jadi Presiden AS Pertama yang Terbang Naik Pesawat

Selain itu, untuk pertama dan terakhir, Wright bersaudara, dalam hal ini Orville Wright, juga mengajak terbang ayahnya yang berusia 82 tahun, Milton Wright, selama tujuh menit menggunakan pesawat pertamanya. Penerbangan ini bukan hanya bersejarah dan berkesan untuk Milton Wright yang seumur hidup hanya kali itu merasakan naik pesawat terbang.

Dihimpun dari berbagai sumber, sejak era Wright Flyer, yang berhasil terbang perdana pada 17 Desember 1903, Wright bersaudara memang tidak pernah terbang bersama. Saat penerbangan perdana Wright Flyer pun, Wright bersaudara selalu bergantian menerbanginya.

Pertama-tama, Orville Wright yang terbang lebih dahulu dan berhasil terbang sejauh 36,5 meter setinggi 3 meter selama 12 detik dengan kecepatan 6,8 mph di kaki bukit pasir Big Kill Devil Hills, dekat Kitty Hawk, North Carolina, AS.

Tak puas melihat penerbangan Orville Wright yang hanya 12 detik, Wilbur Wright mencobanya lagi dan lagi.

Pada penerbangan keempat, Wilbur berhasil menempuh jarak 852 kaki dan pesawat Wright Flyer atau biasa juga disebut Flyer 1 megudara selama 59 detik, menjadikannya sebagai orang pertama yang mendemonstrasikan penerbangan menggunakan pesawat berbobot lebih berat dari udara pertama di awah kendali penuh pilot.

Baca juga: Hari Ini, 111 Tahun lalu, Wright Company Produsen Pesawat Pertama di AS Berdiri

Sayangnya, di hari itu, Wright Flyer yang berbobot sekitar 274 kg harus rusak karena hembusan angin kencang yang membuatnya terpontang-panting. Pesawat rusak dan harus direparasi terlebih dahulu hingga pada akhirnya saat ini pesawat diabadikan di Museum Smithsonian di Washington DC, AS.

Sejak saat itu, keduanya berupaya membangun pesawat lain yang lebih sempurna. Selang 5 tahun, tepatnya pada 8 Agustus 1908, pesawat pertama yang lebih canggih dari pesawat pertamanya terbang perdana di depan publik Hunaudieres, Le Mans, Perancis. Dalam uji coba itu, pesawat terbang selama 1 menit 45 detik dan menjadi tonggak sejarah dunia dirgantara dunia.

Lagi-lagi, pada penerbangan ini, Orville Wright dan Wilbur Wright tidak terbang bersamaan melainkan salah satunya saja.

Barulah pada 25 Mei 1910, Orville Wright dan Wilbur Wright atau Wright bersaudara, untuk pertama dan terakhir terbang bersama. Penerbangan bersejarah tersebut dilakukan selama enam menit lebih di Simms Station, Dayton, Ohio, Amerika Serikat (AS) setelah mendapat restu dari ayahnya, Milton Wright.

Sejak merintis dunia penerbangan, Wright Brothers memang sudah berjanji tidak akan pernah terbang bersama untuk menghindari kemungkinan terburuk, kecelakaan bersama dan tidak ada yang melanjutkan eksperimen pesawat.

Baca juga: Hari Ini, 118 Tahun Lalu, Cikal Bakal Penerbangan Modern Dimulai Wright Bersaudara

Ketika itu, Orville Wright, yang memang dikenal lebih pandai terkait seluk-beluk pesawat dibanding Wilbur Wright yang lebih pandai di dunia bisnis pesawat, menjadi pilotnya.

Tak ingin kehilangan momentum, Orville Wright pun juga mengajak ayahnya untuk terbang bersama. Disebutkan, kedua terbang selama hampir tujuh menit di ketinggian sekitar 107 meter.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru