4 Oktober 1883, Orient Express Pertama Kali Layani Rute Perancis ke Istanbul

0
(history.com)

Siapa yang tak kenal dengan kereta mewah dan mengular di Perancis? Ya kereta Orient Express merupakan kereta yang memberikan fasilitas superior bagi penumpangnya. Kereta mewah ini mulai melayani perjalanan jarak jauh pertamanya dari Paris menuju ke Istanbul sejak 4 Oktober 1883 silam.

Baca juga: Tengok Kemewahan “Venice Simplon – Orient Express, Kereta dengan Tarif Mulai Rp44 Juta

Bisa dikatakan Orient Express ini sudah mengular selama 137 tahun. Pada awal mula beroperasi, kereta ini memulai perjalan dari Paris menuju Giurgiu, Rumania melalui Muenchen dan Wina. Kemudian enam tahun setelahnya, jarak perjalanan kereta ini diperjauh hingga ke Istanbul, Turki.

Sebelum Orient Express mengular dengan jarak terjauhnya ke Istanbul, perjalanan ini ditempuh menggunakan kapal ferry dari Bulgaria. Hingga akhirnya perjalanan dari Paris menuju Istanbul bisa ditempuh selama tiga hari dengan Orient Express.

Karena antusiasme penumpang yang menginginkan rute Paris menuju Istanbul, maka pihak pengelola memberikan operasi layanan tambahan. Pada 1889, Orient Express sendiri beroperasi setiap hari dari Paris menuju Budapet di Hongaria dan tiga kali seminggu menuju Istanbul.

Selain itu juga beroperasi seminggu sekali menuju Bukares di Rumania. Jadwal yang beragam ini akhirnya menjadi perhatian dari pengelola untuk memberikan opsi pada penumpang untuk menentukan tujuan. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, pada tahun yang sama kereta ini beroperasi non stop menuju ke Istanbul.

Namun, perjalanan Orient Express dari Paris menuju ke Istanbul mulai tersendat saat Perang Dunia I berlangsung da aktivitas perang menyebabkan rentannya jalur dilalui kereta. Kemudian pada 1930-an menjadi masa-masa “jaya” dari kereta ini di mana perusahaan Belgia, Compagnie Internationale des Wagons-Lits et des Grands Express Européens memberikan tambahan pelayanan untuk mendukung Orient Express.

Kereta Simplon Orient Express dan Arlberg Orient Express mendukung layanan kereta mewah pada masa itu. Uniknya, Orient Express menggunakan gerbong yang berasal dari berbagai negara seperti Jerman, Austria, Hungaria dan Prancis. Desain dan interior yang berbeda-beda mencirikan dari mana gerbong itu berasal.

Sebelum perjalanan, para penumpang boleh memilih gerbong yang akan dinikmati. Sebab setiap gerbong memberikan layanan yang berbeda dan semuanya terdapat gerbong tidur dan gerbong makan yang terkenal dengan kualitas pelayanan dan kemewahannya.

Sehingga para penumpang kereta ini bukanlah orang dari kalangan biasa tetapi dari menengah ke atas. Pada 1962, Orient Express dan Arlberg Orient Express menghentikan layanan operasinya. Simplon Orient Express sisa dari layanan kereta yang digunakan untuk memberikan palayanan mewahnya. Kereta ini mengurangi jam pelayannya dan mulai redup pada 1970-an serta jalur dari Paris menuju Istanbul mulai dihentikan operasinya.

Rute perjalanan kemudian diperpendek dan mengurangi jarak tujuan dari kereta di mana Orient Express melayani jalur pendek Paris-Wina ataupun sebaliknya. Perusahaan pembuat gerbong di tiap negara juga menghentikan produksinya untuk layanan kereta ini.

Baca juga: Orient Express, ‘Berjuta Cerita’ dari kereta Mewah Legendaris Eropa

Mereka lebih menjual dan menyewakan gerbongnya untuk perusahaan kereta lain. Orient masih menyediakan pelayanannya untuk perjalanan jarak dekat sampai pada era 2000-an dan 2009, kereta ini dinyatakan berhenti. Rute-rutenya dinonaktifkan dari perjalanan kereta api Eropa. Penonaktifan Orient karena sudah berkembangnya kereta api cepat dan maskapai penerbangan yang lebih murah serta efisiensi waktu yang cepat.

Leave a Reply