8 Aplikasi Ini Bisa Maksimalkan Anda Selama Melancong di Negeri Orang

Sumber: istimewa

Berjalan-jalan ke luar negeri kerap meninggalkan sebuah cerita yang tidak akan dapat dilupakan. Namun, mungkin Anda akan sedikit mengalami kesulitan jika berkunjung ke negara yang belum pernah Anda sambangi sebelumnya, entah terkait soal bahasa, kuliner tata letak kota, dan point of interest lainnya.

Dewasa ini, sudah jarang sekali kita melihat seorang pelancong dari luar negeri yang membawa guidebook sebagai bekal mereka bertualang di negeri orang, semua keperluan mereka sudah dapat dipenuhi oleh aplikasi yang tersedia di smartphone. Berikut, KabarPenumpang.com sarikan 8 aplikasi yang sangat direkomendasikan bagi para pelancong versi huffingtonpost.com.

Baca Juga: Siapkan yang Penting, Tinggalkan yang Tak Perlu saat Traveling

Viber
Viber adalah sebuah aplikasi yang wajib dimiliki untuk komunikasi ke luar negeri. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengirim teks dan menelepon ke manapun di dunia secara gratis saat Anda tersambung ke jaringan WiFi. Ini bekerja paling baik bila digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna Viber lainnya, namun juga berisi fitur ViberOut yang memungkinkan Anda menghubungi kontak di telepon Anda meskipun mereka tidak ingin menguduh aplikasi, tentu sebelumnya Anda harus mengisi pulsa prepaid dengan nilai tertentu. Namun, kehadiran Viber kini mulai tersaingi oleh keberadaan WhatsApp, Line, dan BlackBerry Messenger yang sama-sama bisa melakukan panggilan gratis ke sesama pengguna aplikasi.

Tile
Kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika barang bawaan Anda hilang atau dicuri selama perjalanan, karena aplikasi Tile akan membantu Anda menemukan barang Anda yang hilang tersebut. Aplikasi ini dapat diunduh dari PlayStore atau AppStore, namun Anda harus merogoh kocek untuk membeli alat Tile itu sendiri di Amazon yang nantinya akan dipasang di barang-barang bawaan Anda. Nantinya, alat berukuran kecil tersebut akan memancarkan sinyal Bluetooth yang dapat terdeteksi oleh aplikasi di smartphone Anda. Alat Tile itu juga tahan air, tahan bantingan hingga beberapa kali, serta daya tahan baterai tahan hingga satu tahun tanpa harus mengganti baterai atau men-chargenya. Canggih bukan?

SayHi Translate
Seperti yang sudah disebutkan di atas, masalah bahasa memang kerap kali menjadi penghalang para pelancong untuk berkomunikasi dengan warga lokal. Maka dari itu, keberadaan aplikasi ini akan sangat membantu, karena Anda cukup mengucapkan kalimat yang hendak Anda lontarkan ke iPhone atau iPad, lalu aplikasi ini akan secara otomatis menerjemahkan kalimat yang Anda ucapkan tadi ke bahasa sasaran.

Amount
Nampaknya aplikasi ini akan sangat membantu Anda yang kebingungan dengan konversi mata uang. Aplikasi Amount sendiri tidak hanya membantu Anda menavigasi pertukaran mata uang, namun juga menampilkan informasi mengenai speed limit kendaraan yang sedang Anda tumpangi, pengunaan bahan bakar, hingga ukuran pakaian yang hendak Anda beli di luar negeri. Sangat komplit bukan?

Entrain
Hadirnya aplikasi ini dapat membantu Anda untuk memerangi masalah jetlag yang kerap kali mengganggu waktu istirahat Anda. Cara kerjanya adalah dengan memberikan jadwal pencahayaan matematis yang akan membantu Anda menyesuaikan diri dengan zona waktu baru dalam sekejap. Aplikasi mencatat riwayat pencahayaan Anda dan membuat rekomendasi agar Anda menyesuaikan tingkat cahaya di sekitar Anda sepanjang hari untuk membantu Anda beraktifitas di negara tujuan.

Baca Juga: 13 Tips Perjalanan Luar Negeri dengan Ransel

Foodspotting
Gambar di menu makanan memang sering kali menipu, terlihat menarik namun belum tentu itu gambar tersebut sesuai dengan rasanya. Nah, aplikasi Foodspotting ini membantu Anda untuk menampilkan review dari berbagai orang yang sudah pernah mencicipi penganan tersebut. Aplikasi ini juga dapat merekomendasikan makanan apa saja yang patut dan layak untuk dicoba, pasalnya Foodspotting memiliki lebih dari empat juta data penganan yang tersebar dari seluruh dunia.

Like a Local
Sebenarnya, aplikasi ini hampir mirip dengan Foodpotting, namun yang ditampilkan bukanlah soal penganan, namun lokasi-lokasi wisata yang recommended yang patut untuk dikunjungi.

Speedspot
Tidak bisa dipungkiri, kehadiran Wi-Fi memang selalu dicari oleh setiap orang. Nah, kehadiran aplikasi ini dapat membantu mencari dan mengukur kemampuan dari Wi-Fi yang disediakan oleh hotel, restoran, ataupun tempat umum lainnya.