9 Kali Sehari, Garuda Indonesia Lakukan Codeshare dengan Singapore Airlines

Sumber: Singapore Airlines

Sebagai maskapai plat merah, Garuda Indonesia baru-baru ini memperluas operasional codeshare-nya dengan Singapore Airlines. Perluasan codeshare ini sendiri bagi kedua maskapai adalah untuk memberikan dan memudahkan pelanggan dengan memberikan lebih banyak perjalanan antara keduanya yakni Jakarta dan Singapura.

Baca juga: Garuda Indonesia Lakukan Codeshare dengan Japan Airlines

Apalagi bisa dikatakan Indonesia sebagai negara yang menjadi salah satu tujuan wisata dan bisnis yang populer di Asia Tenggara. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman thejakartapost.com (15/4/2019), dengan codeshare ini, keduanya akan mengoperasikan sembilan penerbangan setiap hari baik dari Jakarta maupun Singapura.

Wakil Presiden senior perencanaan penerbangan Singapore Airlines, Tan Kai Ping mengatakan, Indonesia sebagai tujuan wisata dan bisnis yang sangat populer membuat pihaknya senang dengan kemudahan akses oleh pelancong seluruh dunia.

“Ini mencerminkan upaya berkelanjutan kami untuk bekerja dengan mitra kami untuk menawarkan pengalaman penerbangan yang lebih mulus bagi pelanggan kami,” ujar Kai Ping.

Direktur Komersial Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, bagi Garuda Indonesia, Asia Tenggara adalah wilayah yang sangat penting dan Singapura khususnya merupakan pasar pertumbuhan utama.

“Penerbangan Garuda Indonesia ke Singapura telah memainkan peran penting dalam meningkatkan ikatan ekonomi serta pertukaran budaya antara kedua negara,” kata Pikri.

Diketahui, perjanjian codesharing antara kedua operator dimulai pada 2010 dengan rute Singapura menuju ke Bali. Selain itu pada 2014 lalu, perjanjian codesharing kedua maskapai ini untuk rute Singapura menuju Surabaya.

Anak perusahaan Singapore Airlines yakni SilkAir juga melakukan codeshare pada penerbangan Garuda Indonesia dari Bali menuju Surabaya. Selain itu juga ada sepuluh penerbangan SilkAir lainnya dalam rute di Indonesia yang melakukan codeshare dengan Garuda Indonesia.

Baca juga: Meski Penerbangan Langsung Jakarta-London Tutup, Garuda Indonesia Masih Layani via Codeshare

Tak hanya itu, Garuda Indonesia selain dengan Singapore Airlines juga melakukan codeshare dengan Japan Airlines yang mulai berlaku Oktober 2018 kemarin. Codeshare juga di lakukan dengan beberapa maskapai lainnya yakni Saudi Arabian Airlines dan maskapai Vietnam Airlines. Sedangkan Singapore Airlines juga melakukan Codeshare dengan Lufthansa.