Abaikan Tombol Panggilan dari Penumpang, Awak Kabin Emirates Terima Memo Peringatan

Saat duduk di kursi pesawat pernahkah Anda memperhatikan bagian atas dekat pendingin udara? Bila iya, di dekat tombol lampu ada pula tombol untuk meminta bantuan awak kabin bila memang penumpang membutuhkan.

Baca juga: Berkat Lubang Kecil Ini, Jendela Pesawat Dipastikan Bebas Kabut

Biasanya penumpang menekan tombol tersebut ketika butuh sesuatu atau meminta bantuan pada awak kabin. Baru-baru awak kabin Emirates mendapat memo peringatan supaya mereka tidak mengabaikan tombol panggilan.

Memo ini hadir karena maskapai mendapat umpan balik dari penumpang dalam empat bulan terakhir yang menyoroti pemantauan kabin yang tidak dilakukan sebagaimana mestinya. Sebab kerap kali penumpang memanggil dengan menekan tombol tersebut tidak direspon sama sekali oleh awak kabin.

Awak kabin telah diingatkan bahwa mereka harus segera menjawab “lonceng panggilan”. Selain itu, pengawas di pesawat harus memastikan bahwa kehadiran awak kabin dipertahankan secara konsisten di kabin.

KabarPenumpang.com merangkum dari laman liveandletsfly (16/5/2019), awak kabin juga tidak lagi diizinkan untuk mengatur ulang tombol panggilan penumpang melalui unit kontrol pusat. Sebagai gantinya, lampu panggilan awak hanya dapat dimatikan di kursi penumpang, setelah permintaan tersebut diatasi.

Mateusz Maszczynski seorang awak kabin internasional dengan maskapai Timur Tengah mengatakan, dalam beberapa penerbangan ada kemungkinan panggilan tidak terdengar apalagi saat banyak yang menekan tombol tersebut. Selain itu awak kabin Emirates setelah mendapat memo tidak senang dan memiliki alasan saat penerbangan jarak pendek mereka terkadang tidak cukup waktu untuk menyelesaikan layanan jika setiap bel panggilan harus di jawab.

“Saya sangat menghargai bahwa di Emirates Anda dianjurkan untuk menggunakan tombol panggilan pramugari. Pada saat yang sama, saya mengerti bahwa banyak (“dengan profil penumpang tertentu”) akan menggunakan tombol berulang-ulang untuk masalah sepele … dan itu menjengkelkan,” ujat Mateusz.

Baca juga: Lagi Enak Duduk, Penumpang Lufthansa Terkena ‘Hujan Lokal’ dari Arah Lampu Baca

Dirinya mengaku tidak akan menggunakan tombol panggilan terutama di kelas ekonomi,bahkan di kelas bisnis kecuali benar-benar membutuhkan sesuatu. Tapi, perlu dicatat bahwa bahkan dengan tingkat layanan Emirates masih berpeluang jauh lebih maju dari operator di Eropa dan Amerika Utara, di mana tombol-tombol panggilan secara rutin diabaikan.