Saturday, May 18, 2024
HomeHot NewsAda "DINA" di Stasiun MRT Lebak Bulus, Robot Pintar untuk Tugas Patroli

Ada “DINA” di Stasiun MRT Lebak Bulus, Robot Pintar untuk Tugas Patroli

Seolah mengkuti jejak MRT Singapura, MRT Jakarta mulai memperkenalkan sosok robot pintar di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Robot yang berkeliling di area lantai 2 itu, dapat berpatroli secara otonom maupun menggunakan kendali petugas. Robot inovasi ini diharapkan membantu tingkat manajemen untuk mengetahui kondisi nyata (real time) di stasiun sehingga membantu dalam pengambilan keputusan atau kebijakan.
Dikutip dari Detik.com (28/12/2022), selain itu, robot ini juga melakukan interaksi dua arah dengan penumpang karena tersambung dengan petugas di stasiun. Robot pintar yang diberi nama DINA, dikembangkan oleh para akademisi Universitas Gunadharma dan digadang untuk melalukan patroli di dalam area stasiun.
Belum jelas mengenai spesifikasi DINA. Untuk saat ini, PT MRT Jakarta mengujicobakan satu unit Robot DINA dan ditempatkan di Stasiun Lebak Bulus Grab, sebagai salah satu stasiun besar dan tersibuk di jalur fase 1. Nantinya, akan dilakukan kajian dan evaluasi untuk penambahan di stasiun lain, termasuk untuk fase 2A.
Jauh sebelumnya, yakni pada tahun 2018, MRT Singapura juga telah menghadirkan robot dengan fungsi patroli di beberapa stasiun. Untuk melakukan tugas patroli, robot yang dikembangkan oleh leh ST Engineering, sudah terbilang canggih.
Fitur yang melekat pada robot patroli di stasiun MRT Singapura  mencakup 7 unit kamera pengintai yang dapat memanta situasi 360 derajat. Untuk akurasi lokasi, robot ini juga dilengkapi GPS (Global Positioning System), plus beragam sensor seperti LIDAR (Light Detection and Ranging) dan laser tracker. Dalam tahap lanjutan, LTA (Land Transport Authority) menyebut robot akan punya kemampuan analisa video dan audio.
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru