Robot Barista Hadir di 30 Stasiun MRT Singapura

0
Robot barista di stasiun MRT Singapura

Era robot sepertinya makin jelas terlihat di depan mata. Beberapa waktu lalu, Jepang menghadirkan robot bartender, robot barista, robot pembuat mie dan berbagai robot lainnya di stasiun kereta. Kemudian jejak ini pun diikuti oleh Singapura yang menghadirkan robot barista.

Baca juga: Sambut Olimpiade Tokyo 2021, JR East Co Hadirkan ELLA Robot Barista di Semua Stasiun Besar

Di mana Crown Digital yang memasang robot barista di 30 stasiun MRT Singapura. KabarPenumpang.com melansir thespoon.tech (19/8/2021), robot ini bisa membuat kopi sebanyak 200 gelas per jam.

Untuk instalasi MRT ini, Crown Digital telah berkolaborasi dengan Stellar Lifestyle, yang memiliki “keahlian dalam manajemen properti dan ritel, solusi media dan periklanan digital,” menurut posting blog pengumuman Crown Digital. Crown Digital juga menulis bahwa Stella Lifestyle telah menginvestasikan jumlah yang tidak diungkapkan dalam putaran pendanaan pra-Seri A Crown Digital.

Ini adalah jaringan kereta api kedua yang bermitra dengan Crown Digital, menyusul kesepakatan percontohan dengan stasiun kereta JR East Jepang yang ditandatangani pada akhir tahun lalu.

Dengan lalu lintas penumpang yang tinggi, mereka mencari penyegaran saat bepergian. Sehingga hub transit seperti stasiun MRT dan bandara adalah target pasar yang populer untuk perusahaan kios kopi robotik yang baru saja masuk pasar seperti Crown Digital, Smyze dan Cafe X.

Manfaat lain dari robot barista kopi di masa pandemi ini adalah mereka tidak bisa dihubungi. Robot tidak sakit, dan tidak bertindak sebagai vektor penularan virus seperti yang dilakukan manusia.

“Meskipun ada sejumlah barista robot yang datang ke pasar, kami belum melihat rantai kopi besar terjun ke otomatisasi. Pengecualian adalah Costa Coffee, yang membeli Briggo tahun lalu dan menamai ulang Coffee Hauses tersebut menjadi Costa Coffee BaristaBots,“ kata Crown Digital.

Baca juga: “Peter,” Inilah Robot Barista di Bandara San Jose

“Meskipun saya menduga bahwa semakin banyak penawaran seperti Crown Digital mulai bermunculan, kami akan segera melihat merek kopi besar lainnya seperti Starbucks dan Dunkin menambahkan robot mereka sendiri juga,“ tambah Crown Digital.