Sambut Olimpiade Tokyo 2021, JR East Co Hadirkan ELLA Robot Barista di Semua Stasiun Besar

0
ELLA robot pembuat kopi milik Crown Technologies (kr-asia.com)

Jepang rasanya layak disebut sebagai Negeri Robot. Pasalnya banyak robot yang menggantikan pekerjaan manusia baik dalam kebersihan, penjagaan hingga penjualanan makanan dan minuman. Robot-robot tersebut bisa ditemukan baik di bandara maupun di stasiun-stasiun Jepang.

Baca juga: Wuih, Ada Robot Desinfektan Beroperasi di Stasiun Takanawa Gateway

Baru-baru ini startup teknologi ritel Singapura, Crown Technologies mengumumkan mereka telah menandatangani kesepakatan lintas batas besar pertamanya dengan JR East Business Development SEA Pte. Ltd, yang merupakan perusahaan East Japan Railway Company. Crown dikenal sebagai salah satu pengguna pertama mesin kopi otomatis dan kafe pintar di Singapura.

Di mana konsep ELLA sebagai barista robotik pertama dari Crown Coffee di Singapura sejak Oktober tahun lalu. Crown juga sudah menyajikan Buscaglione Coffee Italia yang kuat kepada pelanggan dengan semua proses yang sepenuhnya digital termasuk aplikasi kopinya sendiri.

Dilansir KabarPenumpang.com dari kr-asia.com (12/1/2021), badan teknologi Crown Robotics bertanggung jawab untuk membuat konsep ELLA dan Crown Digital yang mengembangkan aplikasinya. Dalam kemitraan baru ini, ELLA akan ditempatkan di seluruh stasiun jalur kereta penumpang terbesar di Jepang pada waktu Olimpiade Tokyo 2021 yang akan dihelat pada akhir Juli mendatang.

Di Crow Coffee proses pembuatan kopi sepenuhnya digantikan otomatisasi dengan lengan robot ELLA yang membatu menyeduh pada cangkir kopi. ELLA merupakan robot barista yang dirancang untuk beroperasi ritel tanpa bantuan manusia dan tanpa kontak di lingkungan bervolume tinggi seperti olimpiade. Selain itu, juga sangat praktis dan aman dalam masa pandemi Covid-19.

Nantinya ELLA yang akan beroperasi 24/7 yang mana setiap kios mampu menghasilkan 200 cangkir kopi berkualitas barista per jam. Penyiapan modular ELLA memungkinkan penawarannya dilokalkan untuk pasar Jepang. Untuk penggunaannya, seorang pembeli kopi bisa menekan layar digital transparan interaktif dan sistem pemesanan aplikasi seluler dengan gateway pembayaran dengan dompet elektronik sendiri.

Hal ini memungkinkan JR East memanfaatkan berbagai kemungkinan keterlibatan seperti iklan dan pemberitahuan yang ditargetkan langsung ke pengguna akhir. Di bagian belakang, computer vision yang diberdayakan oleh kecerdasan buatan memantau kios 24/7 untuk setiap kelainan yang dapat memengaruhi operasi ELLA.

Sementara itu, modul pemenuhan, yang didukung oleh aplikasi selulernya sendiri, menggunakan analitik prediktif untuk memperkirakan permintaan dan mendigitalkan manajemen rantai pasokan. Ini akan memungkinkan JR East untuk mendukung pengisian ulang dan servis kios hanya dengan tim pemenuhan yang ramping dengan kekuatan data besar.

Baca juga: Restoran di Stasiun Higashikoganei Punya Robot yang Bisa Buat Mie Soba

Untuk diketahui, ELLA melengkapi Visi jangka menengah hingga jangka panjang JR East untuk Inovasi Teknologi rencana 20 tahun yang memanfaatkan kemajuan dalam IoT, data besar, dan AI untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja di Jepang karena penurunan populasi usia kerja. Crown Technologies juga mengungkapkan bahwa mereka akan segera meluncurkan putaran Seri A, serta menyebarkan 30 unit komersial tambahan ELLA di seluruh Singapura.

Leave a Reply