Wuih, Ada Robot Desinfektan Beroperasi di Stasiun Takanawa Gateway

0
Robot desinfektan diuji coba di Stasiun Takanawa Gateway

Jepang menjadi salah satu negara yang sudah mulai mengembangkan robot di beberapa stasiunnya. Robot-rorbot ini digunakan untuk membantu penumpang. Seperti Stasiun Takanawa Gateway yang terkenal menggunakan enam jenis robot dan sudah beroperasi. Keenam robot ini memiliki tugas masing-masing dari menjaga keamanan, membantu penumpang prioritas hingga bertugas membersihkan stasiun dan toilet.

Baca juga: Enam Jenis Robot Beroperasi di Stasiun Gateway Takanawa

Bahkan, Senin, 27 Juli lalu, sebuah robot desinfektan mulai di uji di stasiun ini. Kehadiran robot desinfektan sendiri untuk membantu mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 yang tengah menjadi pandemi di seluruh dunia. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman nhk.or.jp (27/7/2020), robot desinfektan tersebut diuji coba di Stasiun Takanawa Gateway yang berada di jalur Yamanote.

Stasiun yang dioperasikan oleh East Japan Railway Company atau JR East ini, menghadirkan tiga jenis robot yang akan menyemprotkan desinfektan pada pegangan tangan dan benda lain yang disentuh oleh manusia. Untuk memudahkan cara kerjanya robot desinfektan menggunakan beberapa sensor dalam menavigasi setiap lokasi di stasiun.

Selain itu beberapa robot yang sudah ada di Stasiun Takanawa Gateway ini juga memiliki fungsi pembersihan dan kemanan yang didasarkan pada kecerdasan buatan. Bahkan juga ada robot yang menggunakan lift untuk mengantarkan kopi es ke ruang rapat. JR East menguji robot otonom ini tujuannya untuk mengurangi kontak dengan manusia.

Kepala kantor pusat inovasi teknologi perusahaan, Sato Isao mengatakan desinfeksi dan pengiriman tanpa kontak menjadi sangat penting saat ini. Dia berharap robot yang sedang diuji coba di Stasiun Takanawa Gateway akan digunakan pada stasiun yang lain. JR East berharap untuk menempatkan robot dalam penggunaan praktis pada tahun fiskal 2024.

Baca juga: Takanawa Gateway Menjadi Stasiun Modern dengan Robot Pemandu Penumpang

Saat ini berbagai tes yang melibatkan teknologi canggih sedang dilakukan di Stasiun Takanawa Gateway karena memiliki konsep stasiun masa depan. Untuk diketahui, JR East telah menginvestasikan 19 miliar yen atau US$180 juta dalam mempersiapkan stasiun yang dibukan pada bulan Maret 2020 kemarin.

Leave a Reply