Ada Pergantian Wesel, PT KCI dan PT TransJakarta Berkolaborasi Angkut Penumpang yang Terkena Imbas Rekayasa Jadwal KRL

0
Sumber: Tribun

Selama sebelas hari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan rekayasa jadwal kereta rel listrik (KRL). Hal ini dilakukan karena adanya penggantian wesel di Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Gambir. Revitalisasi prasarana perkeretaapian tersebut akan berlangsung sejak tanggal 13-23 Februari 2020 mendatang. Pergantian wesel merupakan bagian penting dalam meningkatkan keandalan prasarana perkeretaapian yang fokus pada keselamatan dan kelancaran pelayanan perjalanan kereta di masa akan datang.

Baca juga: Mulai 1 Agustus, KCI Terapkan Penggunaan KMT dan Hapus THB di Lima Stasiun

KabarPenumpang.com merangkum berbagai laman sumber, dengan adanya revitalisasi tersebut akan ada 45 jadwal kereta dari Bogor/Depok atau Cikarang/Bekasi yang menuju ke Stasiun Jakarta Kota hanya sampai ke Stasiun Manggarai. VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan hal ini juga berlaku untuk relasi sebaliknya dengan berangkat dari Stasiun Manggarai.

“Dari total 281 perjalanan kereta Depok/Bogor dan Cikarang/Bekasi dengan tujuan Jakarta Kota maupun sebaliknya, terdapat 45 perjalanan yang akan mengalami rekayasa pola operasi dan satu KA dibatalkan,” kata Anne.

Adapun, satu perjalanan yang dibatalkan adalah KA 1348 yang bertugas sebagai feeder atau pengumpan Stasiun Jakarta Kota-Stasiun Manggarai dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Jakarta Kota pukul 09.29 WIB. Selain lintas Depok/Bogor-Jakarta Kota dan Bekasi/Cikarang-Jakarta Kota, menurut Anne operasional perjalanan kereta di lintas lainnya berjalan seperti biasa.

Untuk mengatasi penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai, PT KCI telah berkoordinasi dengan PT TransJakarta untuk menambah jumlah armada yang diberangkatkan dari Manggarai. PT TransJakarta akan mulai menambah layanannya sebanyak 20 armada yang akan mulai pada pukul 06.00 pagi.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT TransJakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan penambahan jumlah armada ini akan diberlakukan pada jam sibuk, sehingga headway atau masa tunggu frekuensinya per lima menit interval kedatangan.

Dia menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan KCI dan mempelajari rencana rekayasa yang diberlakukan KCI selama masa perawatan, dan untuk tetap dapat mengantarkan pelanggan KCI yang ingin memenuhi keperluan perjalanannya akan dilakukan penjemputan dan lanjutkan sesuai dengan tujuan masing masing penumpang. Adapun pola yang diterapkan oleh Transjakarta adalah dengan menambah jumlah armada pada jam sibuk agar laju perpindahan penumpang dapat terakomodir dengan baik dan tidak mengganggu lalu lintas di sekitar stasiun kereta

“Jadi pelanggan KCI tidak perlu khawatir. TransJakarta sudah siapkan rencana operasi antar – jemput pelanggan KCI untuk tetap sampai ke tujuannya dari stasiun stasiun pemberhentian yang telah ditentukan KCI selama masa perawatan berlangsung. Bukan hanya layanan rute saja, untuk antisipasi pelanggan KRL kami juga menambah Unit Armada dari stasiun Manggarai dan rute perbatasan seperti bekasi timur,” kata Nadia yang dikutip KabarPenumpang.com dari siaran pers, Rabu (12/2/2020).

Terkait penemambahan armada ini lanjut Nadia, nantinya akan ada sebanyak 20 unit bus lagi yang diturunkan selama pola operasi berlangsung. Semua bus tambahan ini merupakan tipe bus single Highdeck berkapasitas 29 orang duduk dan 36 berdiri dan satu kursi roda guna memudahkan integrasi dengan halte Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta.

Baca juga: 2019 Jadi Tahun Integrasi untuk TransJakarta

“Kami akan menambah bus mulai pukul 06.00-09.00 WIB dan Pukul 17.00-20.00 WIB selama 11 Hari kedepan. Evaluasi akan kami lakukan setiap hari apabila diperlukan pola operasi berbeda tentunya akan kami berlakukan sesuai dengan ritme pelanggan yang ada di setiap stasiun selama masa perawatan berlangsung hingga selesai” tutup Nadia.

Berikut rute-rute yang melintas di Stasiun Manggarai:
1. Layanan 4 rute Pulogadung – Tosari
2. Layanan 4B rute Stasiun Manggarai – Universitas Indonesia.
3. Layanan 4D rute Pulogadung – Patra Kuningan
4. Layanan 4H rute Pulogadung – Ragunan
5. Layanan Layanan 6F rute Ragunan – Stasiun Manggarai
6. Layanan 6M rute Stasiun Manggarai – Blok M
7. Layanan B23 rute Bekasi Timur – Manggarai
8. Layanan M4 rute Pulogadung – Dukuh Atas

Leave a Reply