Ada Tanda Segitiga Misterius di Kabin Pesawat, Apakah Artinya?

Pernah melihat di atas jendela pesawat ada suatu simbol atau tanda yang dianggap misterius? Biasanya tanda ini berbentuk segitiga berwarna hitam dan letaknya menandai kursi yang paling dekat pandangannya dengan sayap pesawat.

KabarPenumpang.com melansir telegraph.co.uk (4/9/2017), nama lokasi segitiga ini adalah Seat William Shatner. Seorang pensiunan insinyur ruang angkasa Lee Ballentine mengatakan ini adalah tempat di dalam pesawat dimana Anda bisa mengecek pandangan visual terbaik untuk melihat adanya es atau hal lainnya di atas sayap.

Baca juga: Tips dan Trik Fotografi dari Dalam Kabin Pesawat

Nama Shatner ini diambil dari salah satu episode dari film Twilight Zone yang paling aneh yakni Nightmare at 20,000 Feet yang ditayangkan pertama kali 11 Oktober 1963. Pada film ini, karakter Shatner melihat adanya gremlin di sayap pesawat saat dirinya menjadi seorang penumpang.

Sebenarnya tempat dekat posisi ini adalah spot paling menarik dan terbaik untuk berfoto ria. Apalagi penyuka fotografi dan media sosial, spot sayap biasanya sangat di cari. Selain sebagai spot foto yang bagus, tempat ini juga digunakan untuk memudahkan awak kabin melihat ke bagian sayap. Sebab bagian sayap ini merupakan satu tempat penting di pesawat lantaran di sayap terdapat mesin dan tangki bahan bakar.

Bila terjadi kondisi darurat, sayap juga menjadi tempat terpenting untuk melakukan evakuasi. Lewat sayap penumpang bisa turun saat pesawat melakukan pendaratan darurat, sebab di bagian sayap ada slide yang bila dibuka bisa digunakan untuk penumpang turun ke daratan atau ke air.

Sebenarnya duduk dekat jendela dan bisa melihat sayap atau kondisi luar pesawat adalah cara terbaik untuk mengurangi ke khawatiran penumpang. Tempat ini bisa sangat nyaman dan tenang bagi Anda yang memang menyukai duduk dekat jendela dan sejajar dengan sayap.

Baca juga: Lima Poin Ini Jadi Kunci Keselamatan Saat Pesawat Alami Crash Landing

Steven Hoober seorang pilot kawakan mengatakan, tanda segitiga ini tidak pernah dilepas dan berguna untuk memudahkan awak kabin. Selain itu, seorang insinyur penerbangan, Donal Daugherty mengatakan bahwa titik pesawat terbang di beberapa pesawat Airbus digunakan untuk melihat kondisi lepas landas dan mendarat pesawat. Sebab, pada proses lepas landas dan mendarat, sayap pesawat akan berada pada posisi tertentu, yakni ada beberapa bagian yang terbuka sejajar.