Adopsi Kecerdasan Buatan dan Robotika, Hitachi Rail Siap Hadirkan Stasiun Masa Depan

Sumber: railway-technology.com

Pabrikan kereta api Hitachi Rail dikabarkan telah menerbitkan konsep untuk ‘stasiun masa depan’, yang bakal memberdayakan beragam kemajuan teknlogi seperti robot dan teknologi digital. Tidak lain dan tidak bukan, hadirnya konsep ini akan meningkatkan pengalaman penumpang. Hadirnya konsep ini menyusul penggunaan robot lain yang ada di beberapa infrastruktur lain, seperti Troika di Bandara Incheon, Korea Selatan hingga robotika lain di bandara Jepang. Namun, tidak banyak operator di luar sana yang mengoperasikan robot di stasiun kereta.

Baca Juga: Robot AI Mudahkan Pelancong Asing dan Lokal di Stasiun Osaka

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com (16/10), pihak Hitachi membayangkan apa jadinya jika teknologi kecerdasan buatan atau yang dikenal sebagai Artificial Intelligent (AI) dioperasikan berbarengan dengan teknologi robotika di dalam sebuah stasiun. Adapun teknologi robotika yang digunakan di sini akan berperan sebagai robot pemandu penumpang di sekitar stasiun.

Gunanya? Ya untuk membimbing penumpang apabila mereka kebingungan atau tersesat di dalam stasiun.

Selain itu pihak Hitachi juga kabarnya akan menguji teknologi prototipe yang mampu memangkas antrean di jalur pembelian tiket.

Sejatinya, pemberdayaan teknologi semacam ini sudah terlebih dahulu diuji coba di Bandara Haneda, Tokyo pada tahun 2017 silam, dimana robot yang memiliki nama EMIEW3 ini mampu membimbing penumpang dan berbicara dalam beberapa bahasa. Jika para penumpang ini puas dengan pelayanan yang diberikan oleh EMIEW3 ini, maka sejatinya pengalaman penumpang akan bertambah dan menaikkan reputasi dari bandara tersebut – sejatinya inilah yang diharapkan Hitachi ketika mengenalkan konsep serupa di stasiun kereta di Jepang. Atau mungkin tidak hanya Jepang, melainkan beberapa negara di luar Negeri Matahari Terbit ini.

Baca Juga: Robot Vortex – Robot Kecil yang Lakukan Maintenance Pada Badan Pesawat Besar

“Stasiun kereta api Inggris dapat mengalami revolusi di tahun-tahun mendatang karena kami memanfaatkan terobosan terbaru dalam teknologi kecerdasan buatan dan sistem robotika,”ujar Direktur Penjualan dari Hitachi Rail, Nick Hughes.

“Konsep kami tentang stasiun cerdas sudah menjadi kenyataan, dengan banyak teknologi ini sudah diuji coba di Jepang dan Eropa,” sambungnya.